Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sesederhana ini cara bersedekah? Berikut Contoh Sedekah kepada teman yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari

Sedekah kepada teman

Jafarull.com - Sedekah merupakan perbuatan baik yang dapat digunakan oleh siapa saja dan kepada siapapun. Sedekah memiliki keleluasaan tersendiri. Artinya, sedekah tidak memiliki aturan harus bersedekah sekian persen, atau sekian banyak. Sedekah bisa dilakukan walaupun dalam keadaan sulit. 

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita tentu sering meminjamkan barang atau membantu menyumbangkan tenaga dan pikiran. Hal ini juga termasuk sedekah loh, asalkan diniatkan bersedekah juga pastinya. Dalam pertemanan sebenarnya sangat banyak perbutan baik yang jika diniatkan akan bernilai sedekah. 

Sedekah kepada teman
Sedekah kepada teman

Sayang banget kan kalau perbuatan baik disia-siakan begitu saja. Ya walaupun memang mendapat pahala, tapi kan kalau diniatkan sedekah pahalanya jadi dobel. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai contoh sedekah kepada teman. Dengan memahami beberapa contoh ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai apa saja yang dapat bernilai ibadah sedekah. 

Sedekah kepada teman

1. Mentraktir teman

Hayoo siapa disini yang sering mentraktir temannya? Hehe ternyata perbuatan tersebut dapat bernilai ibadah sedekah loh sob. Tentunya harus didasari dengan niat. 

Seperti yang dikutip dari Kompas.com (31/08/2021), mentraktir teman akan bernilai sedekah jika didasari dengan niat. Jadi ketika kalian mentraktir tanpa ada niatan untuk sedekah, ya pahala yang didapat bukan pahala sedekah, tetapi amal perbuatan baik. Kalau kalian meniatkan untuk sedekah, kalian mendapat dua pahala sekaligus, pahala sedekah dan pahala amal perbuatan baik. 

2. Meminjami barang ke teman

Waktu sekolah mungkin sering saling pinjam meminjamkan barang seperti pulpen, penghapus, dan lainnya. Nah ternyata kalau diniatkan sedekah, perbuatan tersebut dapat bernilai ibadah sedekah loh. Memang terkesan sederhana dan sepele. Tapi siapa sangka, perbuatan ini dapat mendongkrak pahala baik yang kita punya. 

3. Memberikan Hotspot (tetring) ke teman

Aduuuhhhh siapa nih yang sering minta hotspot ke teman? Haha mau marah kuot sekarat, tapi ga enak karena teman sendiri. Mulia sekarang, kalau kalian dimintai hotspot, niatkan lah "bismillah hirrohman nirrohim, saya niat sedekah hotspot karena Allah taala". Insyaallah perbuatan kalian bernilai sedekah dan yang pasti akan diganti yang lebih besar dan lebih baik lagi oleh Allah. Jadi jangan murung lagi kalau dimintai hotspot ya hehe.

4. Membantu menyelesaikan permasalahan teman

Setiap orang memiliki masalah masing-masing. Setiap permasalahan yang dihadapi juga berbeda beda. Kadang ada saja orang yang tidak mampu menyelesaikannya sendiri. 

Kalau kalian sering membantu menyelesaikan permasalahan teman, ini bisa bernilai ibadah ketika kalian meniatknnya loh. Intinya pada niatnya, sehingga orang lain mendapatkan manfaat dari apa yang kita punya dan kita bisa.

5. Membantu membawakan barang milik teman

Mungkin kita semua sudah pernah membawakan barang milik teman sendiri ya. Entah itu berupa buku, tas, atau handphone. Ketika kalian meniatkan untuk sedekah, maka perbuatan tersebut menjadi amal ibadah sedekah sob.

6. Senyum

Pernah dengar senyum bagian dari iman? Senyum merupakan sedekah paling mudah dan murah? Yahh, senyum dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Orang yang menerima senyum dari kita pasti akan merasa senang karena dirinya merasa dihormati dan dihargai. Mereka juga akan membalas senyum kita sebagai bentuk penghargaan pula. 

Demikianlah Sedekah kepada teman yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Niat yang tulus untuk bersedekah mengantarkan kita kepada pahala yang besar. 

Share artikel ini jika bermanfaat sobat.

Post a Comment for "Sesederhana ini cara bersedekah? Berikut Contoh Sedekah kepada teman yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari"