Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Benarkah Sedekah menenangkan hati? Begini penjelasannya!

Sedekah menenangkan hati

Jafarull.com - Sedekah memberikan manfaat bagi pemberi ataupun penerimanya. Bagi penerima, sedekah mampu meringankan beban yang dialami, mampu membuat bahagia, dan mampu bersyukur dengan apa yang didapat. 

Bagi pemberi, sedekah mampu menghapuskan dosa, memberikan kelapangan, hingga dapat menenangkan hati. Orang yang bersedekah tentunya mereka yang memiliki hati nurani baik dan merasa lapang. Karena tanpa didasari kelapangan dada dan pikiran, akan susah untuk seseorang dapat bersedekah.

Sedekah menenangkan hati
sedekah menenangkan hati

Di dalam Al-Qur'an juga sudah dijelaskan, bahwasanya sedekah mampu memberikan ketenangan hati. Hal ini tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 274:

اَلَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ۚ وَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡهِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُوۡنَ

Artinya:

Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati, (Q.S. Al-Baqarah: 274).

Ayat di atas menjelaskan bahwa orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala yang besar, selain itu ia takan merasakan ketakutan yang berarti karena ia percaya dengan bersedekah maka dapat mendekatkan diri kepada sang pencipta. Orang yang bersedekah juga diberi ketenangan hati yang lebih. Ia tidak akan merasakan kehilangan harta (karena telah disedekahkan) dan tidak menyesal karena hartanya diberikan kepada orang lain. 

Mungkin dari kita sudah pernah dengar mengenai kisah orang yang meninggal dan ingin dihidupkan kembali untuk beramal saleh. Cerita ini memang dangat populer dan sangat menginspirasi bahwasanya beramal saleh keutamaannya sangat besar. Sedekah juga bagian dari beramal saleh, karena dengan bersedekah seorang hamba dapat menyadari bahwa semua yang dimiliki hanyalah titipan saja. 

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat ya. Semoga bisa menginspirasi kita semua untuk terus berbuat baik dan bersedekah kepada sesama. 

Share jika artikel ini bermanfaat sobat!

Post a Comment for "Benarkah Sedekah menenangkan hati? Begini penjelasannya!"