Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sedekah yang paling mudah berupa?

Sedekah yang paling mudah berupa?

Jafarull.com - Sedekah yang paling mudah berupa senyum. Senyum merupakan sebuah ekspresi yang dapat dilakukan oleh semua orang. Senyum biasanya menandakan sebuah kebahagiaan atau kebaikan. 

Orang yang selalu tersenyum bukan berarti ia tidak punya masalah. Tetapi ia tahu bahwa dengan senyuman, ia akan menjadi lebih baik dan mengeluarkan aura positif dalam dirinya. Sehingga orang lain yang memandangnya juga merasa lebih enak dan nyaman. 

Sedekah yang paling mudah berupa?
Sedekah yang paling mudah berupa? 

Jadi tidak heran kalau Rosull menyampaikan bahwa senyum merupakan salah satu sedekah yang paling mudah. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi yang artinya sebagai berikut.

"Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah sedekah bagimu." (HR. Tirmidzi).

Hadist tersebut memberi pelajaran berharga pada kita semua. Bahwasanya untuk bersedekah tidak melulu tentang harta, cukup dengan senyum juga sudah termasuk ibadah sedekah. Senyum menjadi penanda bahwa orang tersebut pandai bersyukur. 

Dengan selalu bersyukur, kita akan mudah untuk mengukir senyum di wajah. Selain itu, ketika kita berprasangka baik kepada Allah, kita juga akan menjadi orang yang lebih bijak dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Meskipun keadaan kita sedang sulit dan diuji dengan ujian yang amat berat, kita tetap bisa tersenyum karena memiliki kesabaran yang tinggi dan pemikiran yang positif. 

Orang lain juga akan lebih tertarik dengan orang yang murah senyum. Orang yang murah senyum menandakan dirinya tidak sombong dan sangat ramah. Sehingga ia akan lebih disukai oleh orang lain. 

Nabi juga pernah menjelaskan bahwa manusia tidak dapat mengubah hati orang lain dengan harta dan kekayaan. 

"Kalian tidak akan dapat meraih hati manusia dengan kekayaan kalian, tetapi kalian dapat meraih hati mereka dengan wajah yang berseri-seri dan akhlak yang baik." (HR Al Bazar, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, "Sanadnya hasan.")

Dari hadits tersebut kita jadi tahu bahwa wajah berseri-seri bukan yang putih / glowing. Tetapi yang mudah tersenyum dan berakhlak yang baik. 

Jadi jika kalian ingin memiliki wajah berseri-seri, usahakan untuk selalu tersenyum. Minimal tegur sapa dengan teman atau tetangga. Kemudian tersenyum dan tanya kabar atau tanya hendak pergi kemana. Niatkan hal tersebut sebagai ibadah sedekah agar pahala yang didapat dobel-dobel. 

Terima kasih telah membaca artikel ini sobat. Jika dirasa bermanfaat, silakan share ke teman-teman kalian ok!

Post a Comment for "Sedekah yang paling mudah berupa? "