Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Horee..!!! Sekolah tatap muka Jawa Tengah dibuka, begini aturan yang harus dipatuhi

Sekolah tatap muka Jawa Tengah

Jafarull.com - Penantian panjang siswa dan orang tua siswa terkait sekolah tatap muka kini mendapat titik terang. Pasalnya, pemerintah telah resmi mulai membuka pembelajaran offline. Tentu saja banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mengadakan pembelajaran tatap muka. 

Yahh mangkanya sejak awal pak Nadiem menggencarkan vaksinasi guru dan siswa terlebih dahulu agar sekolah bisa kembali dibuka. Selain itu sarana dan prasarana mengenai aturan protokol kesehatan juga perlu dilaksanakan oleh pihak sekolah. Mengedukasi siswa untuk tetap taat prokes walaupun sidah divaksin, juga menjadi tanggungjawab guru dan pihak sekolah. 

Sekolah tatap muka Jawa tengah
Sekolah tatap muka Jawa tengah

Dilansir dari jatengpriv.go.id (29/08/2021), Pemerintah provinsi Jawa tengah telah resmi mengijinkan sekolah tatap muka pada Senin 30 Agustus 2021. Kebijakan tersebut berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), yang ditindaklanjuti dengan Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2021 tentang Implementasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease di Provinsi Jawa Tengah. 

Perlu diketahui juga, jika ada sekolah yang berada di kabupaten/ kota di zona PPKM Level 4 atau Level 3 mendekati 4, maka tidak diperbolehkan mengadakan sekolah tatap muka. Sebelumnya sekolah harus mengadakan simulasi pembelajaran tatap muka, kemudian dievaluasi. Jika hasilnya baik, maka bisa dilanjutkan. 

Sekolah yang hendak mengadakan pembelajaran tatap muka juga harus mendapatkan izin dari gugus tugas, orang tua siswa, hingga dinas pendidikan kota/ kabupaten setempat. 

Selain itu, sekolah hanya boleh mengadakan pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 50% saja. Jadi akan diadakan sistem shift untuk tiap siswa. Misalnya kelas 7 A dibagi dua shift, minggu pertama absen pertama hingga tengah. Minggu kedua absen tengah hingga terakhir. 

Pemerintah juga mengimbau untuk tetap taati prokes dengan ketat. Selalu gunakan masker dan mencuci tangan semeblum masuk ruang kelas. Hindari kerumunan dan bawa bekal sendiri-sendiri. 

Demikianlah artikel mengenai sekolah tatap muka jawa tengah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat terkait pelaksanaan sekolah tatap muka. Jangan ragu untuk share ke teman kalian ya!

Post a Comment for "Horee..!!! Sekolah tatap muka Jawa Tengah dibuka, begini aturan yang harus dipatuhi"