Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Wortel berkembang biak dengan cara

Wortel berkembang biak dengan cara

Jafarull.com - Hayo siapa yang tidak suka wortel? Hehe sayuran yang satu ini memang langu ya sob, tapi dibalik itu semua terdapat segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Sehingga sayuran ini sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata kita. 

Tapi kalian tahu tidak cara perkembangbiakan wortel? Ternyata nih sob, Wortel berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. 

Wortel berkembang biak dengan cara
Wortel berkembang biak dengan cara

Perkembangbiakan secara generatif pada wortel dilakukan menggunakan biji. Biji wortel dihasilkan dari perkawinan. Umumnya si terjadi penyerbukan antara serbuk sari yang jatuh ke putik bunga. Nah pada bagian bunga inilah, biji wortel tersimpan. Biasanya petani akan memisahkan biji wortel dengan bunganya dengan cara dijemur kemudian dipreteli. 

Sedangkan perkembangan secara vegetatif pada wortel dilakukan melalui umbi akar. Batang wortel dapat ditanam dan tumbuh memunculkan tunas baru. Nah nantinya akan menghasilkan wortel yang baru lagi. 

Pada perkembangbiakan secara vegetatif, wortel dan singkong masih satu "keluarga" yakni tergolong dalam umbi akar. Untuk mengingatkan kita semua silakan simak perkembangbiakan vegetatif alami berikut ini.

Jenis berkembang biak secara vegetatif alami

1. Tunas Adventif.

Adalah tuna yang tidak hanya tumbuh di ketiak daun serta ujung tangkai. PerumpamaannyaSukun, Kersen, Cocor Bebek.

2. Tunas

sejumlah tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas seperti pisang, bambu, pohon pinang, dantebu.

3. Geragi

Adalah pengembangbiakan di mana tangkai merembet ke atas permukaan tanah atau di bawah tanah. Perumpamaannyaseperti strawberry, rumput teki, semanggi

4. Umbi Akar

Adalah sisi akar umbi yang dapat tumbuh menggelembung menjadi serta kedepannya membuat anakan anyar. Perumpamaannyaseperti Wortel, lobak, singkong

5. Umbi tangkai (batang)

Adalah sisi tangkai pusar yang dapat tumbuh menggelembung menjadi serta kedepannya membuat anakan anyar. Contohnya seperti ubi jalar, kentang.

6. Umbi Lapis.

Adalah sisi umbi yang berlapis - lapis di mana tengah - tengahnya ada tuna. Perumpamaannyaseperti bunga tulip, bawang merah, bawang putih, bawang bombay.

7. Rhizoma / Akar Tinggal.

Adalah tangkai yang terbenam dalam tanah. Perumpamaannyaseperti jahe, rumput, kunyit, lengkuas.

8. Memisahkan (membelah) Diri

Adalah pengembangbiakan dengan memisah sel induk jadi sel - sel anakan. Perumpamaannya seperti ganggang hijau sertamobil

9. Spora.

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan sporasalah satunya seperti lumut, paku, jamur, serta rane.

Nah demikianlah pembahasan mengenai Wortel berkembang biak dengan cara generatif dan vegetatif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan memberikan pencerahan pada kita. Terima kasih telah membaca hingga selesai sobat. 

Post a Comment for "Wortel berkembang biak dengan cara"