Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

10 Manfaat bambu kuning yang jarang diketahui, Bisa mencegah penyakit berbahaya ini loh!

Manfaat bambu kuning

Jafarull.com - Bambu biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Tanaman yang satu ini biasanya hidup bergerombol. Tanaman bambu memiliki berbagai jenis, salah satunya yakni bambu kuning.

Bambu kuning memiliki warna batang yang kuning dengan corak garis berwarna hijau. Tanaman ini berukuran kecil, biasanya memang hanya dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan hiasan saja. 

Manfaat bambu kuning
Manfaat bambu kuning

Dikutip dari merdeka.com (2/09/2021), Bambu kuning mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin E, dan mineral penting lainnya yang amat dibutuhkan oleh tubuh.

Meski memiliki ukuran yang kecil, tetapi bambu kuning menyimpan segudang manfaat loh. Dilansir dari berbagai sumber, bambu kuning memiliki 10 manfaat. Apa saja si? Simak ulasannya berikut ini.

10 Manfaat bambu kuning yang jarang diketahui

1. Menjaga kesehatan kulit

Siapa si yang tidak ingin memiliki kulit lembut, halus, kencang, nan berkilauan? Kulit yang sehat menjadi dambaan semua orang. Dengan memiliki kukit yang sehat, maka akan tampak elok untuk dipandang. 

Cara sederhana menjaga kesehatan kulit yakni dengan mengonsumsi rebung bambu kuning. Bambu kuning mengandung vitamin E dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan kulit kita. 

2. Mencegah stroke

Stroke bisa terjadi apabila kita abai terhadap kesehatan tubuh. Pola makan yang tak teratur, istirahat yang kurang, dan jarang olahraga meningkatkan risiko terjadinya stroke. Apalagi jika sering stress, duhh tekanan darah bakal naik dan stroke takan bisa terhindarkan. 

Penyakit ini bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi rebung bambu kuning loh. Karena di dalam bambu kuning terdapat kandungan kalium yang amat baik untuk mengontrol tekanan darah. Perlu diingat juga, harus diimbangi dengan pola hidup sehat. 

Bambu kuning
Bambu kuning

3. Mampu menurunkan berat badan

Aduuuuhhhh, nggak enak banget ya kalau punya berat badan berebih. Bisa-bisa malah jadi obesitas. Kebiasaan buruk manusia jaman sekarang memang begitu, ingin ideal tapi tidak mau menjaga kesehatan tubuh. 

Manfaat bambu kuning ternyata dapat menurunkan berat badan loh. Caranya yakni dengan mengonsumsi rebung bambu kuning. Rebung bambu kuning memiki serat yang amat banyak sehingga mampu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan. 

4. Mampu menurunkan kolesterol

Kolesterol berlebih dalam tubuh akan membuat kita menjadi lemas untuk bergerak dan beraktivitas. Penginnya rebahan terus. Kalau hal ini dibiarkan, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Rebung bambu kuning mengandung fitonutrien dan fitosterol yang mampu menurunkan kolesterol. Ini cocok banget untuk kalian yang lagi diet nih. Tapi tetap harus diimbangi dengan makanan yang sehat dan olahraga yang teratur ya. 

5. Menjaga kesehatan hati

Penyakit hati atau yang sering dikenal dengan nama penyakit liver biasanya terjadi akibat infeksi parasit dan jamur. Sehingga membuat fungsi kerja hati menjadi tidak normal. Karena itulah kita harus menjaganya agar kinerja hati tetap sehat. 

Rebung bambu kuning mengandung hidroksi bemsadelhid yang berfungsi sebagai anti-toksin pada hati. Sehingga dapat mencegah lever atau hepatitis A.

6. Meningkatkan nafsu makan

Kebutuhan hidup manusia yang tidak akan pernah bisa dihilangkan adalah makan dan minum. Kadang, ada saja orang yang nafsu makannya sedikit. Padahal makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia menjadi sumber energi bagi tubuh. 

Rebung bambu kuning juga dipercaya sebagai obat peningkat nafsu makan. Karena di dalamnya mengandung selulosa yang amat tinggi. Sehingga, nafsu makan kita akan tergugah. 

7. Mencegah kanker

Manfaat Bambu kuning bisa mencegah penyakit kanker loh. Di dalam bambu kuning terdapat zat lignan yang berfungsi sebagai anti kanker dan dapat melawan virus. Selain itu ada juga zat asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga kita akan terhindar dari yang namanya kanker. 

Bonsai bambu kuning
Bonsai bambu kuning

8. Meningkatkan imun tubuh

Antioksidan tinggi yang terdapat dalam bambu kuning, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Ancaman bakteri dan virus berbahaya juga dapat terhindarkan. 

9. Hiasan rumah

Bambu kuning memiliki bentuk dan warna yang menarik. Ukurannya tidak sebesar bambu pada umumnya. Sehingga banyak orang yang memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman hias. Paling bagus si dibikin bonsai. Jadi bambu tidak tumbuh terlalu tinggi. 

10. Tempat tinggal setan dan jin

Ada sebuah kepercayaan di masyarakat bahwa tanaman bambu kuning dijadikan sebagai tempat tinggal setan dan jin. Kalau ini si terserah kalian mau percaya atau tidak hehe. Siapa tahu dari kalian ada yang berprofesi sebagai ghost Hunters kan, bisa mencoba mencari setan di tanaman bambu kuning. 

Demikianlah 10 manfaat bambu kuning. Selain mengandung unsur mistis, ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa. Hampir semua penyakit dapat diatasi dengan tanaman yang satu ini. 

Terima kasih telah membaca artikel ini sobat. Jangan lupa untuk share jika bermanfaat ya!

Referensi:

  • Merdeka.com
  • Artikel.rumah123.com
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "10 Manfaat bambu kuning yang jarang diketahui, Bisa mencegah penyakit berbahaya ini loh!"