Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

13 Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya

Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya

Jafarull.com - Lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu dapur pelengkap makanan. Tanaman yang memiliki bentuk bercabang ini, sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Sejak jaman dahulu, banyak yang menggunakan lengkuas untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat lengkuas beserta cara penggunaannya. Namun sebelum itu, mari pantau kandungan yang terdapat pada lengkuas berikut ini. 

13 Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya
13 Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya

Kandungan lengkuas

Lengkuas mengandung antioksidan dan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, tanaman yang satu ini mengandung berbagai zat yang sangat penting untuk tubuh. Apa saja si? Berikut kami paparkan sekilas. 

Energi: 26 kkal

Protein: 1 gram

Lemak: 0,3 gram

Karbohidrat: 4,7 gram

Serat: 1,1 gram

Vitamin A: 5.000 mikrogram

Tiamin (vitamin B1): 0,08 miligram

Riboflavin (vitamin B2): 0,06 miligram

Niasin (vitamin B3): 0,3 miligram

Vitamin C: 50 miligram

Kalsium: 50 miligram

Fosfor: 50 miligram

Zat besi: 2 miligram

Natrium: 24 miligram

Kalium: 137 miligram

Zinc: 0,3 miligram

13 Manfaat lengkuas untuk kesehatan

Walaupun ukurannya kecil, tapi manfaatnya begitu besar loh. Apa manfaat lengkuas? Berikut informasinya untuk kalian yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

1. Merangsang nafsu makan

Lengkuas dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Lengkuas mengandung zinc yang amat baik untuk bagi tubuh. Apabila tubuh kekurangan zinc, maka akan merasa malas makan, lemas, dan kurang semangat. 

2. Melegakan tenggorokan

Kalau kalian sedang mengalami sakit tenggorokan, kalian bisa nih mengonsumsi lengkuas. Karena lengkuas bersifat antiperadangan. Lengkuas juga memberikan rasa hangat pada tenggorokan, jadi tenggorokan kalian akan jauh lebih enak dan terbebas dari berbagai masalah. 

3. Mencegah kanker

Manfaat lengkuas yang paling berasa yakni dapat mencegah penyakit kanker. Di dalam lengkuas terdapat senyawa galangin. Zat ini dapat mencegah terjadinya kanker hepatoma, melanoma, dan kanker usus besar. Meski begitu, masih perlu penelitian mendalam mengenai kebermanfaatannya ini. 

4. Mengobati panu

Lengkuas mengandung metil kavikol asetat dan minyak atsiri. Kedua zat ini mampu menghilangkan jamu pada kulit seperti panu. Kebetulan saya telah mencobanya sendiri. Kalian hanya perlu memarut lengkuas hingga halus, kemudian gosok ke tubuh yang terkena panu. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal (7 hari bisa sembuh).

5. Menjaga kesehatan otak

Antioksidan yang terdapat pada tanaman rempah ini memang sangat tinggi. Antioksidan tersebut dapat mencegah terjadinya plak beta-amyloid di otak. Sehingga penyakit neurodegeneratif bisa terhindarkan.

6. Mengobati diare

Tanaman rempah yang satu ini memang sudah terkenal dapat mengobati diare. Sejak dulu laos dipakai untuk permasalahan pencernaan. Hal ini karena lengkuas mengandung antimikroba, sehingga bakteri jahat yang ada dalam lambung bisa diberantas habis. 

7. Mencegah infeksi

Infeksi biasanya terjadi akibat adanya bakteri jamur dan jahat. Nah menurut penelitian yang ada, lengkuas mampu mencegah terjadinya interaksi. Kandungan antibakteri yang ada pada lengkuas dapat membunuh bakteri seperti E.coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi.

13 Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya
Manfaat lengkuas

8. Kaya akan Antioksidan

Sudah tak bisa dipungkiri lagi kalau lengkuas mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan dapat mempercepat regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga proses pemulihan tubuh dari luka juga akan cepat. 

9. Meredakan nyeri

Nyeri akibat luka atau benturan memang tidak mengenakkan. Rasanya ingin guling-guling di tanah sangking sakitnya. Nah lengkuas bisa dijadikan sebagai pereda nyeri. Lengkuas mengandung senyawa fitokimia yang mampu meredakan nyeri akibat luka ataupun benturan. 

10. Meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas memiliki manfaat untuk pria loh. Pria yang mengonsumsi ekstrak lengkuas, kualitas spermanya jauh lebih baik dan lebih sehat. Kepercayaan ini sudah turun-temurun. Jadi tidak heran kalau banyak dari orang tua kita pada jaman dahulu, mengonsumsi ekstrak lengkuas untuk menjaga kesehatan dan kesuburan. 

11. Meringankan gejala asma

Asma biasanya muncul akibat peradangan pada saluran pernapasan. Lengkuas dipercaya mampu meringankan gejala asma. Hal ini karena di dalamnya terdapat antispasmodik yang mampu melebarkan saluran bronkus pada paru-paru.

12. Sebagai obat batuk

Batuk berdahak memang sangat menggangu. Aktivitas jadi tidak lancar dan cenderung sangat merepotkan. Lengkuas dapat dijadikan obat batuk, karena sifatnya sebagai pengencer dahak. Efek hangat yang ditimbulkan dari lengkuas juga memberikan kenyamanan pada tenggorokan. 

13. Mengobati luka bakar

Luka bakar akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Tanaman rempah ini memiliki Zat antiradang dan pereda nyeri yang mampu mengobati luka bakar. Cara penggunaannya juga simpel, hanya perlu menumbuk hingga halus, kemudian dioleskan saja ke luka. 

Cara penggunaan lengkuas sebagai obat

1. Meminum ekstrak lengkuas

Untuk pengobatan dalam tubuh, biasanya lengkuas dikonsumsi dengan cara meminum air sarinya. Caranya cukup mudah, ambil beberapa batang lengkuas, kemudian parut sampai halus, peras sampai tuntas. Nah air perasan ini bisa langsung diminum atau dimasak dan diberi madu. 

Kalau terlalu ribet, kalian bisa langsung memberi olahan lengkuas. Biasanya dalam bentuk kemasan berupa ekstrak lengkuas. Tinggal tuang, seduh, dan jadi deh. 

2. Mengoleskan pada tubuh

Pengobatan luar tubuh bisa mengoleskan langsung ke luka. Caranya yakni parut lengkuas hingga halus, kemudian aplikasikan ke luka yang diderita. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.  

Demikianlah Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya. Tanaman rempah yang satu ini memang memiliki banyak sekali Manfaat. Sangat disayanginya jika kita mengabaikan dan memilih obat kimia ketimbang obat herbal tradisional. 

Terima kasih telah berkunjung sobat. Jangan lupa share ke teman-teman kalian ya.

Referensi:

  • Sehatq.com
  • Hellosehat.com
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "13 Manfaat lengkuas dan cara penggunaannya"