Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

5 Manfaat jahe merah untuk wanita yang harus diketahui

Manfaat jahe merah untuk wanita

Jafarull.com - Mendengar kata "Jahe" pasti langsung terbayang bumbu dapur. Hehe tnaman ini memang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Aromanya yang khas dan rasanya yang unik, dapat membuat masakan jadi lebih gurih. 

Manfaat jahe merah untuk wanita
Manfaat jahe merah untuk wanita

Tanaman jahe memiliki bentuk yang rumpun dengan batang rimpang. Rasanya sedikit pedas dan menghangatkan. Di Indonesia, ada dua jenis tanaman jahe, yakni jahe putih dan jahe merah. Umumnya si, jahe yang digunakan untuk bumbu masakan adalah jahe putih. Sedangkan jahe merah biasanya diolah menjadi obat.

Jahe merah mengandung gingerol, flavonoid, agen antibakteri, agen antiperadangan, dan lain sebagainya. Mangkanya banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai obat. 

5 Manfaat jahe merah untuk wanita yang jarang diungkap

Jahe merah dari dulu memang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Nenek moyang kita mengonsumsi jahe merah untuk menjaga kesehatan mereka. Nah ternyata tak sampai di situ saja, ada juga loh manfaat jahe merang untuk wanita yang jarang terungkap. Apa saja si?

1. Meredakan sakit pinggang dan perut

Ketika seorang wanita datang bulan, pasti akan mengalami nyeri pinggang dan sakit perut yang luar biasa. Rasa nyeri ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe merah. Di dalam jahe merah terkandung zat anti peradangan yang mampu mengurangi rasa nyeri. Jahe juga bersifat antiinflamasi, jadi perut akan terasa lebih baik dan tidak terlalu sakit. 

2. Menghilangkan jerawat

Jerawat umumnya muncul karena wajah berminyak dan kotor. Kalau sudah begini, kotoran dapat mengundang bakteri masuk dan menyebabkan jerawat. Tapi tenang, jahe merah dipercaya dapat menghilangkan jerawat. Hal ini karena di dalamnya terkandung minyak Atsiri. Minyak ini berfungsi untuk membasmi bakter yang ada pada wajah.

3. Menurunkan kolesterol

Jahe ternyata dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh loh. Kandungan antioksidan di dalamnya, mampu membantu menurunkan kolesterol. Sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kuat. Ketika diajak untuk beraktivitas juga tidak akan mersa lemas. 

4. Mencegah penuaan

Antioksidan yang tinggi dalam jahe merah, sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat ini juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dapat meremajakan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit yang kita miliki menjadi lebih cantik, sehat, dan tampak lebih muda.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi wedang jahe, dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh. Jadi tak heran kalau banyak dari orang tua kita dulunya memanfaatkan jahe merah untuk menjaga kesehatan tubuh. Rempah yang satu ini akan memberikan efek hangat yang nikmat. Sehingga tubuh merasa nyaman dan lebih segar.

Demikianlah artikel tentang Manfaat jahe merah untuk wanita. Mengonsumsi jahe ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya untuk wanita. Memanfaatkan bahan-bahan alami, akan menyehatkan tubuh. Dibandingkan memakai obat kimia, mengonsumsi tanaman obat yang satu ini tak akan memberikan efek samping. 

Share jika artikel ini bermanfaat sobat.

Referensi:

  • Hellosehat.com
  • Kontan.co.id
  • id.theasianparent.com
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "5 Manfaat jahe merah untuk wanita yang harus diketahui"