Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Kita bersedekah sesuai dengan?

Kita bersedekah sesuai dengan

Jafarull.com - Bersedekah menjadi perbuatan yang sering didengungkan oleh guru-guru kita. Banyak keutamaan yang didapat dari bersedekah. Bahkan rosull menjelaskan bahwa pahala sedekah berkali-kali lipat lebih besar dari apa yang disedekahkan. 

Dalam bersedekah, Kita bersedekah sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Kalau bisa bersedekah dengan harta, silakan sedekah menggunakan harta. Jika hanya mampu bersedekah dengan tenaga dan pikiran, silakan bersedekah dengan tenaga dan pikiran. 

Kita bersedekah sesuai dengan
Kita bersedekah sesuai dengan

Ada sebuah kisah pada masa Rasulullah. Saat itu ada sekelompok fakir dari kaum Muhajirin yang mendatangi beliau. Mereka curhat kepada rosul, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan juga berpuasa seperti kami berpuasa. Namun mereka mampu bersedekah dengan kelebihan hartanya.”

Rosull pun menjawab pertanyaan mereka sembari menghibur kegelisahan mereka. “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada sedekah, pada setiap takbir ada sedekah, pada setiap tahmid ada sedekah dan pada setiap tahlil ada sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah dan mendatangi istrimu adalah sedekah.” (HR. Muslim).

Dari kisah tersebut kita bisa belajar bahwa Allah dan Rosull tidak memberatkan umat islam untuk bersedekah. Orang kaya bisa bersedekah dengan harta, sedangkan orang miskin juga bisa bersedekah dengan dzikir dan perbuatan baik. 

Inti dari hadits tersebut yakni bersedekahlah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jangan memberatkan diri sendiri karena sedekah. Misalkan, kita punya hutang dan hendak bersedekah dengan uang yang dimiliki, mending mendahulukan membayar hutang terlebih dahulu. Kalau sudah lunas dan mampu untuk bersedekah dengan uang, barulah bisa bersedekah dengan uang / harta benda. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, bisa menjadi ladang untuk memeroleh pahala yng besar. Kalau kalian masih memiliki harta, silakan bantu saudara kalian yang membutuhkan. Tapi kalau hanya cukup untuk makan besok pagi, mending simpan saja. Bersedekahlah dengan senyum dzikir dan doa kalian. 

Semoga artikel ini bermanfaat sobat. Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Share jika artikel ini bermanfaat ok!

Referensi:

  • Republika.co.id
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "Kita bersedekah sesuai dengan? "