Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sampah organik dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi loh!

Sampah organik dapat diolah menjadi apa?
Sampah organik dapat diolah menjadi
Sampah organik dapat diolah menjadi
Jafarull.com - Sampah telah menjadi salah satu masalah global. Banyak negara-negara di dunia yang kualahan mengelola sampah mereka sendiri. 

Di Indonesia, sampah didominasi oleh limbah rumah tangga. Limbah ini biasanya berupa sampah organik. Kadang sampah organik tercampur menjadi satu dengan sampah anorganik. Sehingga menjadi sulit untuk dipilah dan dibuang. 

Nah dari pada dibuang, ternyata sampah organik dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai loh. Emmm kira-kira dapat diolah menjadi apa saja si? Berikut informasinya untuk Anda semua.

Sampah organik dapat diolah menjadi apa ya?

1. Pupuk organik

Hukum alam yang berlaku di dunia ini yakni "semua yang bersumber dari alam, akan kembali ke alam". Hal ini berlaku juga pada limbah rumah tangga.

Limbah rumah tangga yang berupa sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos organik. Cara mengolahnya juga mudah. Pertama buat lubang di tanah, kemudian masukan sampah organik ke dalamnya. Sampah tersebut akan membusuk dan memiliki unsur hara yang tinggi. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. 

2. Pakan ternak

Hewan ternak yang dipelihara di Indonesia umumnya adalah kambing, sapi, domba, ayam, lele, babi, dan lain sebagainya. Namanya hewan ternak pastinya perlu diberi makan dong. 

Nah, sampah organik dapat diolah menjadi pakan ternak. Tapi tak semua bahan bisa digunakan sebagai pakan. Hanya beberapa bahan saja seperti sayuran, buah-buahan, dan dedaunan. Caranya juga mudah, cukup bersihkan dan cacah / giling hingga halus. Setelah itu bisa digunakan untuk campuran pakan. 

3. Biogas dan listrik

Sampah organik yang dapat diolah menjadi biogas dan listrik adalah limbah tahu, tempe, dan kotoran hewan. Bahan ini sangat ramah lingkungan dan ramah kantong karena memanfaatkan limbah. Untuk cara membuatnya silakan cari di internet dan YouTube. Karena jika kami yang menjelaskan takut ada yang salah dan berdampak buruk. 

4. Kerajinan

Sampah organik seperti cangkang telur, eceng gondok, janur, serabut kelapa, pelepah pisang dll. Bahan-bahan ini dapat diolah menjadi kerajinan tangan bernilai seni tinggi. Misalnya saja diolah menjadi lukisan, mainan, hiasan atau pernak-pernik dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan kita mengenai manfaat sampah organik. Ternyata Sampah organik dapat diolah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Setelah membaca artikel ini, Anda akan pilah-pilih sampah yang hendak dibuang bukan?

Post a Comment for "Sampah organik dapat diolah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi loh! "