Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apakah Dosa Zina Diampuni Oleh Allah?

Apakah Dosa Zina Diampuni Oleh Allah?

apakah dos zina bisa diampuni
zina

Jafarull.com - Mungkin sahabat semua akan bertanya apakah dosa zina bisa diampuni Allah? Pertanyaan ini sering muncul beriringan dengan kekhawatiran mereka.

Pasalnya, orang yang melakukan dosa besar seperti zina, hatinya tidak akan tenang. Sehingga akan sulit mendapatkan rahmat dari Allah.

Dalam ajaran agama Islam, kita juga diperintahkan untuk menjauhi zina. Karena ketika kita mendekat sedikit saja, bisa membuat kita tergelincir dan jatuh dalam lautan perzinahan.

Sebagai manusia berakal, sudah sepantasnya kita menjauhi perbuatan zina. Kita mencoba mendekat dan memohon agar keluarga kita terhindar dari perbuatan keji ini.

Ampunan Allah Untuk Dosa Zina

Ustadz Adi Hidayat pernah berkata dalam ceramahnya yang diunggah oleh akun youtube Kajian Islam Podcast. Pada kajian tersebut, UAH menerima sebuah pertanyaan dari seorang jamaah. 

"Ustadz, Apakah dosa zina diampuni oleh Allah," tanyanya.

UAH memberikan arahan bahwa dosa apapun masih bisa diampuni.

"Kalau anda masih punya nyawa, dan nyawa itu belum sampai kerongkongan. Maka tobat itu sangat terbuka," kata Ustadz Adi.

Untuk menegaskan jawabannya, UAH menjawab dengan dalil al-quran.

"Ada ayat yang khusus untuk menjawab pertanyaanmu. Yakni Ayat ke 53 surah ke 39,"

Surat dimaksud Ustadz Adi yakni Surat Az-Zumar ayat ke 53 yang berbunyi sebagai berikut.

قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ

Latin: Qul yaa'ibaadiyal laziina asrafuu 'alaaa anfusihim laa taqnatuu mirrahmatil laah; innal laaha yaghfiruz zunuuba jamii'aa; innahuu Huwal Ghafuurur Rahiim

Artinya: Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang," (Q.S. Az-Zumar: 53).

Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah maha pengampun dan maha pemberi rahmat. Karenanya jika kita ingin taubat, maka bertaubatlah sepenuh hati. 

"Rahmat allah begitu besar, hei kamu sekalian jangan pernah berputus asa untuk mendekat kepada Allah. Kalau kamu bertaubat dengan sungguh-sungguh, Allah akan tetap mengampunimu," tegasnya.

Kemudian Ustadz Adi pun mengajak jamaah untuk bertaubat mumpung masih diberi kesempatan oleh Allah. 

"Maka saya ajak orang yang pernah berbuat perbuatan semacam ini ayo tobat, mumpung masih ada kesempatan," katanya. 

Dari penjelasan UAH, kita bisa tahu bahwa Allah masih mengampuni dosa besar seperti zina. 

Tapi alangkah baiknya jika kita menghindari zina. Karena perbuatan tersebut amat hina dan terhinakan. 

Anak cucu kita juga akan melakukan hal yang sama, jadi pikirkanlah baik-baik.

Nah itulah penjelasan terkait dosa zina. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya.

Post a Comment for "Apakah Dosa Zina Diampuni Oleh Allah?"