Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Mengatasi Permasalahan jaringan telkomsel lemot 2021

 Telkomsel lemot

Mengatasi Permasalahan jaringan telkomsel lemot 2021
jaringan telkomsel lemot

Jafarull.com - Siapa sih yang tidak tahu telkomsel? Perusahaan plat merah itu telah melebarkan sayap hingga ke penjuru negeri. Bahkan jaringan terluas di Indonesia adalah milik Telkomsel. Karenanya masyarakat banyak yang memakai produk-produk dari telkomsel.

Perusahaan dengan logo huruf T besar tersebut kini terus mengembangkan jaringan 5G di berbagai daerah di Indonesia guna menciptakan era digitalisasi. Hal ini bisa dilihat Telkomsel memperluas jaringan 5G pada momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Tentunya hal ini disambut baik oleh banyak masyarakat. Pasalnya digitalisasi bisa menjangkau daerah-daerah timur. Sehingga bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan perkembangan digitalisasi di Indonesia.

Sinyal telkomsel lemot 2021

Beberapa waktu yang lalu, Telkomsel mengalami gangguan. Hal ini tentunya membuat pengguna resah. Bagaimana tidak, mereka tidak bisa mengakses internet dengan normal. Apalagi lemotnya ini begitu parah, membuat gamers dan selebgram panik karena mereka tidak bisa bekerja.

Kabel bawah laut yang putus ternyata menjadi penyebab jaringan telkomsel lemot dan down. Karenanya, pihak telkomsel terus berupaya untuk memperbaiki kabel bawah laut mereka. 

Hingga Oktober 2021, jaringan telkomsel telah pulih (di daerah jawa tengah dan sekitarnya). Tentunya akan membuat aktivitas online jadi lebih lancar.

Bagi siswa yang bersekolah juga tidak merasa terbebani akibat lemotnya jaringan telkomsel akibat gangguan.

Kenapa jaringan telkomsel lemot padahal 4G

Pernah tidak sih, kalian mengalami jaringan telkomsel lemot padahal sudah 4G? Kejadian seperti ini bukan hanya dialami warga desa, tetapi dialami juga oleh warga perkotaan di Indonesia.

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa jaringan telkomsel lemot padahal sinyal 4G. Diantaranya sebagai berikut:

1. Berada di ruang / gedung tertutup

Tahukah kamu? Ketika kita berada di ruang tertutup seperti gedung berkaca yang rapat, kadang pantulan sinyal tidak bisa diterima dengan baik oleh hp. Akibatnya koneksi internet menjadi lambat.

Sangat wajar jika di kantor-kantor memakai koneksi internet dari ethernet / wifi. Agar koneksinya bisa stabil dan kecepatan internetnya ngebut.

2. Sedang berada dalam perjalanan

Ketika kita sedang mengendarai motor atau mobil di perjalanan, biasanya koneksi internet yang dimiliki menjadi lemot ya.

Hal ini karena pancaran sinyal dari tower yang diterima hp tidak terlalu stabil. Sinyal akan sedikit tersendat akibat pergerakan kita terlalu cepat ketika di jalan. Hal inilah yang memicu koneksi jaringan menjadi lambat.

3. Hp dalam kondisi panas

Kondisi hp yang lagi panas, dapat membuat koneksi internet lemot. Hal ini karena kinerja mesin menjadi dobel, sehingga akan terbebani sekali.

Suhu hp yang panas biasanya diakibatkan karena menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Selain itu banyaknya notifikasi juga bisa membuat hp lemot. 

4. Banyak notifikasi di hp sehingga hp lemot

Seperti yang telah disinggung di atas, banyaknya notifikasi dapat memperlambat koneksi internet di hp. Apalagi jika hp yang digunakan memiliki ram di bawah 3gb, pasti akan sangat terasa dampaknya.

Selalu bersihkan notifikasi yang muncul dan tutup aplikasi yang berjalan di layar belakang. 

5. Gangguan cuaca

Kenapa koneksi jaringan tidak stabil? Ketika cuaca sedang buruk, koneksi internet juga bakal terganggu. Cuaca buruk mengakibatkan sinyal terhalang oleh awan sehingga sulit diterima oleh hp. 

Akibatnya tentu saja hp jadi lemot, mudah panas, dan internet melambat. Sebaiknya hindari pemakaian hp ketika cuaca sedang buruk. Apalagi sedang hujan deras disertai petir, akan sangat membahayakan nantinya.

Mengatasi Permasalahan jaringan telkomsel lemot 2021
paket internet telkomsel

Paket Internet Telkomsel Lemot

Paket internet telkomsel terkenal mahal tetapi memiliki speed yang luar biasa. Karenanya, banyak yang memakai telkomsel untuk bermain game dan live streaming. 

Namun ada saja pengguna yang mengeluhkan jaringan telkomsel lemot.  Entah itu diakibatkan karena lokasi ataupun paketnya.

Misalnya saja pernah kami temui di forum diskusi facebook tentang paket combo sakti yang lemot. Kenapa paket combo sakti telkomsel lemot?

Sebenarnya ada beberapa faktor, bisa dari kondisi sinyal yang sedang kurang stabil, lokasi kamu yang berada di tempat yang tertutup, hingga memang speed dari paket tersebut yang turun.

Hal serupa juga dialami pengguna Paket malam telkomsel lemot. Padahal menurutnya di malam hari kondisinya jarang yang memakai internet. Tetapi ia mengherankan kenapa bisa lemot.

Untuk itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu kiranya apa yang menjadi penyebab jaringan telkomsel lemot. Setelah itu kamu bisa mencoba cara mengatasi internet telkomsel lemot sebagai berikut.

Bagaimana cara mempercepat koneksi internet telkomsel?

1. Hapus aplikasi tak berguna

Aplikasi yang tidak berguna itu yang seperti apa sih? Aplikasi tak berguna yakni aplikasi yang jarang kamu gunakan di hp. 

Misalnya saja, di hp mu ada aplikasi berita, sosmed, dll yang sama sekali tidak kamu gunakan, maka kamu bisa menghapusnya.

Karena di beberapa kasus, aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang sehingga memungkinkan untuk mengonsumsi daya dan jaringan. Hal inilah yang menjadi penyebab utama sinyal lemot.

2. Hapus semua notifikasi

Seperti yang telah disinggung di awal, notifikasi menumpuk dapat memperlamat kinerja hp dan mengakibatkan internet jadi lemot.

Kamu harus rajin menghapus semua notifikasi yang muncul dari hp agar smartphone dan internet jadi lebih wus-wus.

3. Hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang

Setelah kamu membuka aplikasi, apa yang selanjutnya kamu lakukan? Biasanya hanya dibiarkan saja dan beralih ke aplikasi lainnya buakn? 

Ternyata jika kita tidak menghapus aplikasi di jendela (meski sudah keluar dari aplikasi tersebut), kadang bisa membuat koneksi jadi lambat.

Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena jika dibiarkan bisa berakibat buruk pada smartphone. 

4. Gunakan mode 4G only

Biasanya ketika sinyal tidak stabil, hp akan secara otomatis pindah dari jaringan 4G ke H+. Tentunya hal ini akan membuat kamu menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, gunakan setting jaringan 4G only untuk memudahhkan koneksi internet lebih cepat.  Secara otomatis hp akan mengelock sinyal 4G saja. 

5. Gunakan APN yang benar

Semua provider tentu memiliki setting APN dan Proxy yeng berbeda-beda. Coba cek terlebihh dahulu setting APN kamu sudah benar atau belum. 

Kamu bisa cari settingan APN di google atau di website milik telkomsel. Cara menyetingnya juga sudah dijelaskan di laman web tersebut.

6. Pindah lokasi

Lokasi tertutup memang menjadi penghalang bagi hp untuk menerima sinyal. Oleh karena itu, coba kamu pindah tempat agar bisa mendapatkan jaringan yang baik. Dengan demikian kamu bisa berselancar di internet tanpa ada gangguan sedikitpun.

7. Matikan hp sebentar

Cara ini bisa kamu lakukan ketika hp mengalami kenaikan suhu yang tidak wajar. Kamu hanya perlu mematikan hp selama beberapa menit hingga suhu hp menjadi normal. 

Dengan demikian, kamu juga turut menjagga kondisi hp agar tetap prima. Karena jika hp panas dipaksakan, maka bisa membuat hp makin parah.

Nah demikianlah pembahasan kita terkait jaringan telkomsel lemot. Kita bisa tahu penyebab dan cara mengatasinya. 

Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian semua yang tengah bingung dengan jaringan telkomsel. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat sobat!

Post a Comment for "Mengatasi Permasalahan jaringan telkomsel lemot 2021"