Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Realme GT Master Edition vs Poco F3, Mana yang Paling Oke?

Realme GT Master Edition vs Poco F3

Realme GT Master Edition vs Poco F3
Realme GT Master Edition vs Poco F3

Jafarull.com - Realme dan Xiaomi merupakan dua brand smartphone yang sangat rajin mengeluarkan produk-produk terbaru. Keduanya terus bersaing memperebutkan hati masyarakat Indonesia. 

Lihat saja produk Realme dan Xiaomi di tiap kelas harganya. Keduanya terus berupaya menjadi brand nomor satu di tanah air ini. Tak jarang, keduanya saling sikut dan baku hantam di medsos. 

Tentunya hal ini memberikan daya tarik tersendiri di kalangan pecinta gadget. Seperti pada kedua produk mereka di kelas lima jutaan. 

Poco F3 dan Realme GT Master Edition beradu memperebutkan dominasi hp flaship murah di pasar indonesia. 

Kira-kiraseperti apa sih jika kedua hp ini kita bandingkan? Simak ulasannya berikut ini.

Perbandingan Realme GT Master Edition vs Poco F3 terbaru 2021

Jaringan

Jaringan menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah smartphone. Dengan didukung jaringan yang super cepat, maka sebuah ponsel pintar bakal lebih berguna. 

Mengulik bagian jaringan, baik xiaomi maupun realme, keduanya memakai jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G. Tentunya hal ini bisa mempermudah kamu mendapatkan akses lebih cepat ke berbagai situs ataupun aplikasi. 

Layar 

Realme mengandalkan layar berukuran 6.4 inch dengan tipe super amoled. Layarnya ini telah beresolusi full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Tentunya hasil gambar yang dipancarkan akan jauh lebih bagus. 

Xiaomi juga tak mau ketinggalan. Pasalnya, layar yang menempel pada poco f3 berukuran 6.67 inch dengan tipe amoled. Resolusi yang dihasilkan oleh layar hp ini mencapai full HD+ dengan refresh rate 120Hz. 

Untuk perlindungan layar, Xiaomi telah membekali dengan corning gorilla glass 5. Sedangkan Realme, tidak ada perlindungan layar sama sekali. 

Performa mesin

Performa mesin tidak akan jauh-jauh dari yang namanya Chipset. Karena komponen inilah yang menjadi otak hp. Sehingga hp bisa bekerja dengan baik dan mampu menjalankan berbagai macam aplikasi. 

Dapur pacu dari realme GT master edition sangat gahar. Pasalnya realme membenamkan Chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G. Chipset ini telah memiliki fabrikasi 6nm. Snapdragon 778 memang seri menengah atas yang memiliki performa mirip dengan snap 865+. 

Sedangkan Xiaomi, lebih mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G dengan fabrikasi 7nm. Chipset garang yang dibenamkan membuat smartphone dari Xiaomi paling diburu di tahun 2021 ini. 

Urusan performa tentunya lebih unggul Poco F3. Hal ini sangat wajar karena perbedaan chipset yang digunakan pasti bakal mempengaruhi kinerja smartphone. 

Kapasitas penyimpanan

Penyimpanan sebuah smartphone tentunya sangat penting. Karena nantinya akan menjadi wadah bagi dokumen dan aplikasi yang diinstal. 

Realme memberi pilihan penyimpanan berupa ram 6/128GB, 8/128GB, dan 8/256GB. Tipe penyimpanan yang digunakan adalah UFS. Dengan kapasitas penyimpanan tersebut, rasanya sangat lega untuk menginstal berbagai aplikasi dan game. 

Sementara Xiaomi, memberikan pilihan ram 6/128GB dan 8/256GB. Tipe memori yang dipakai adalah UFS 3.1. Pastinya tipe penyimpanan jenis ini lebih cepat dalam membaca data di memori internal ketimbang tipe UFS.

Baik realme maupun Xiaomi, keduanya tidak memberikan slot tambahan untuk memori eksternal. Tetapi untuk kapasitas segitu, rasanya sudah sangat cukup banget kok. 

Realme GT Master Edition vs Poco F3
realme gt master edition

Kualitas kamera

Kualitas sebuah smartphone kadang dinilai dari kamera yang dibawanya. Tentunya untuk kelas flagship, tidak boleh diberi kamera ecek-ecek. 

Realme GT master edition memiliki tiga buah kamera dengan resolusi 64mp + 8mp + 2mp. Kameranya ini mampu merekam hingga 4K 30fps. 

Sedangkan bagian kamera depannya, realme menyisipkan lensa beresolusi 32mp. Urusan menangkap video, dengan lensa tersebut mampu merekam hingga full HD+ 30fps. 

Sekarang pertanyaannya, Berapa mp kamera poco F3? Kamera yang diberikan Xiaomi pasa poco F3 berjumlah tiga buah dengan resolusi 48mp + 8mp + 2mp. Lensa kameranya mampu menangkap video hingga 4K 30fps.

Kamera selfie yang dibawa cukup bagus, pasalnya Xiaomi membenamkan lensa beresolusi 20mp. Jika kamu ngevlog dengan smartphone besutan Xiaomi ini, kamu bisa mendapatkan hasil hingga full HD+ 30fps. 

Fitur

Fitur yang diberikan realme untuk smartphonenya ini cukup lengkap. Sebut saja WiFi, hotspot, bluetooth, GPS, NFC, USB Type C, dan USB on the go. Sedangkan sensor yang dimilikinya antara lain Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. 

Sementara Poco F3 diberi fitur berupa WiFi, hotspot, bluetooth, GPS, NFC, infrared, USB Type C, dan USB on the go. Menengok bagian sensor, kamu bakal menjumpai sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan color spectrum.

Baterai

Baterai menjadi sumber penghidupan bagi sebuah smartphone. Tanpa ada baterai, maka hp tidak akan bisa hidup. 

Baterai yang ditanamkan pada Realme GT master edition berkapasitas 4300mah. Dengan baterai tersebut, kamu mungkin akan ditemani selama seharian penuh.

Untuk pengisian daya, realme menyuguhkan kecepatan charging 65watt. Dengan kecepatan pengisiannya ini, kamu bisa mengisi baterai hingga penuh hanya dengan waktu 33 menit saja 

Sementara Poco F3 diberi kapasitas baterai 4520mah. Kapasitasnya memang sedikit lebih besar dibandingkan realme. Tetapi tak akan terasa terlalu berbeda. 

Lalu berapa watt poco f3? Sayangnya Xiaomi hanya memberi kecepatan charging 33watt saja. Kamu akan membutuhkan waktu 55 menit untuk mengecas hp ini hingga penuh. 

Skor AnTuTu

Menggunakan aplikasi v8, AnTuTu realme GT master edition mencapai skor 529263. Untuk chipset Snapdragon series 7xx bisa menembus angka 500 ribuan sangatlah membanggakan. 

Menggunakan aplikasi v8, AnTuTu Poco F3 mencari skor 631850. Tentunya dengan skor yang didapat ini, menandakan bahwa performa dari Poco F3 sangat garang. 

Untuk skor AnTuTu jelas lebih unggul Poco F3. Wajar saja karena Snapdragon series 8xx rata-rata diperuntukkan bagi hp flagship. Jadi performanya sangat gahar. 

Warna

Warna Realme GT master edition yang dapat kamu pilih yakni Black, Gray, White, dan Aurora. Untuk warna favorit dan paling diburu adalah warna realme gt master edition gray.

Warna Poco F3 ada tiga, yakni Arctic White, Night Black, dan Deep Ocean Blue. Namun yang menjadi favorit adalah warna Poco F3 white. Karena akan memberikan kesan elegan dan mewah bagi penggunanya. 

Harga

Harga Realme GT master edition sekitar Rp. 4.999.999 saja. 

Harga Poco F3 sekitar Rp. 4.899.000 saja. 

Harga ini dapat berubah-ubah. Silahkan cek di marketplace kesayangan kalian ok. 

Kesimpulan

Kedua hp ini sama-sama mumpuni di segala bidang. Hanya saja untuk urusan mesin, Poco F3 lebih kencang ketimbang realme. Wajar saja, karena chipset yang dipakai dari kalangan flagship.

Namun semua kembali kepada kalian sendiri, akan memilih yang mana. Tentunya kalian harus mempertimbangkan kebutuhan masing-masing. 

Sangat kurang berguna memiliki device gahar tapi hanya digunakan untuk chat whatsap saja.

Referensi:

  • Gsmarena.com
  • Pengamatan pribadi

Post a Comment for "Realme GT Master Edition vs Poco F3, Mana yang Paling Oke?"