Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

3 Doa Naik Kendaraan yang Singkat yang Mudah untuk Dihafalkan

Doa naik kendaraan yang singkat

Doa naik kendaraan yang singkat
Doa naik kendaraan yang singkat

Jafarull.com - Pernahkah kamu hendak bepergian dan membaca Doa naik kendaraan yang singkat? Hayoo, jangan-jangan malah lupa untuk berdoa. 

Sebagai umat islam, kita dianjurkan untuk membaca Doa naik kendaraan yang singkat ketika hendak berkendara. Entah itu naik motor, mobil, unta, delman, kuda, kapal, pesawat, dan lain sebagainya. 

Doa naik kendaraan yang singkat perlu kita baca agar kita diberi keselamatan oleh Allah. Dengan begitu, selama perjalanan kita akan dijaga dan dilindungi dan bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman.  

 Mengapa kita harus membaca doa sebelum naik kendaraan? Tentunya agar kita bisa diberi keselamatan sehingga dalam perjalanan menjadi lebih tenang.

Hati kita juga bisa menjadi lebih dekat dengan Allah jika sering berdoa. Selain itu, kita juga akan dijaga dari gangguan yang mungkin sering mengintai. 

3 Doa Naik Kendaraan yang Singkat yang Mudah untuk Dihafalkan

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Doa berikut ini bisa kamu hafalkan dan amalkan ketika mengendarai atau hendak naik kendaraan darat seperti motor, mobil, kuda,delman, dan lain sebagainya. Bacaan doanya sebagai berikut..

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Latin: Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Doa ini bisa kamu amalkan dan hafalkan ketika hendak menaiki transportasi air seperti kapal, perahu, sampan, dan lainnya. Bacaan doanya sebagai berikut. 

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرٰ۪ىهَا وَمُرْسٰىهَا ۗاِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ


Latin: Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

3. Doa Naik Kendaraan Udara

Doa ini bisa kamu baca ketika kamu menaiki pesawat, helikopter, roket, dan lainnya. Bacaan doanya sebagai berikut.

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Latin: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga,"

Adab membaca doa naik kendaraan yang singkat

  • Diawali dengan basmalah
  • Merendahkan diri
  • Diucapkan dalam hati atau secara lisan
  • Mengangkat kedua tangan sebagai tanda permohonan
  • Pasrah dengan Allah
Nah demikianlah Doa naik kendaraan yang singkat yang dapat kamu  hafalkan dan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat membantumu ya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya. 

Post a Comment for "3 Doa Naik Kendaraan yang Singkat yang Mudah untuk Dihafalkan"