Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Begini Langkah-langkah Untuk Membuat Teks Prosedur Beserta Contohnya

Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur 

Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur
Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur 

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur. Sebenarnya akan sangat mudah ketika kamu memahami cara-cara berikut dengan contoh. 

Perlu diketahui, bahwa materi teks prosedur merupakan materi yang cukup mudah apabila kita memahami Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur. Karena pada dasarnya teks prosedur merupakan dasar tutorial.

Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari, kita semua melakukan aktivitas berdasarkan tutorial atau cara-cara tertentu.Hanya saja mungkin sebagian dari kita kurang menyadarinya. 

Tapi tenang saja karena kamu akan paparkan Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur beserta contohnya untuk kamu semua. Sehingga kamu bisa memahmi materi teks prosedur yang sedang dipelajari.

6 Langkah-langkah untuk membuat teks prosedur 

1. Menentukan Ide

Langkah pertama, tentu harus mencari ide dan menentukan apa yang akan dibahas pada teks prosedur. Kamu bisa mencari ide yang paling sederhana. Misalnya saja cara membuat kue. Kamu bisa spesifikkan kue apa yang akan dibahas. Apakah kue cucur, atau kue brownis.

Kamu juga bisa menemukan ide dari tempat tinggalmu. Dengan demikian, kamu bisa lebih terfokus dengan pembahasan teks prosedur. 

2. Mencari Informasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa mencari informasi dari lingkungan tempat tinggalmu. Karena biasanya akan sangat mudah menemukan ide dari kehidupan nyata. 

Jika tidak menemukan informasi terkait bahasan yang akan digarap. Kamu bisa mencari informasi dari google. Saat ini banyak sekali informasi terkait contoh teks prosedur.

3. Membuat kerangka teks prosedur

Kerangka teks prosedur terdiri dari Pengantar atau pembuka, Material, Langkah-langkah, Simpulan. Pengantar atau pembuka terdiri dari tujuan dari teks prosedur. Material terdiri dari bahan yang digunakan dalam teks prosedur. Langkah-langkah berisi mengenai proses atau cara. Sedangkan simpulan berisi mengenai kesimpulan mengenai teks prosedur tersebut.

4. Mengembangkan Kerangka teks prosedur

Setelah kamu membuat kerangka, kamu bisa mengembangkannya dengan cara disesuaikan dengan topik dan bahan yang telah dicari tadi.

Misal, teks prosedur membuat kue cucur, maka kamu bisa mencatat terlebih dahulu tata cara membuat kue cucur, mulai dari tujuan, bahan, hingga langkah-langkah.

5. Memperhatikan tata bahasa teks prosedur

Setelah kerangka telah dikembangkan dan sudah dalam bentuk outline (kotor), kamu memperhatikan lagi tata bahasa yang digunakan. Sesuaikan lah tata bahasa yang kamu gunakan dengan tata bahasa teks prosedur.

6. Menyusun teks prosedur berdasarkan kerangka yang telah dibuat

Apabila kamu telah membuat semuanya dengan baik, maka langkah selanjutnya yaitu menyusun teks prosedur dari awal hingga akhir. Kamu hanya perlu menuliskan saja sesuai dengan outline yang telah dibuat.

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Wedang Jahe

Pendahuluan

Wedang jahe merupakan minuman yang segar dan banyak dicari masyarakat Minuman sehat yang satu ini biasanya dijajakan di angkringan. Paling enak menikmati wedang jahe ketika hujan gerimis, karena tubuh akan menjadi lebih hangat.

Tujuan teks prosedur kali ini yaitu untuk membuat wedang jahe yang segar dengan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah. 

Alat dan Bahan

  • Panci
  • Gelas
  • 100 gram jahe yang tua
  • 2 batang serai yang telah digeprek 
  • 1.5cm kayu manis
  • air secukupnya
  • gula aren.

Cara Membuat

1. Pertama, bakar jahe terlebih dahulu agar kulitnya bisa terkelupas dan sarinya bisa keluar

2. Setelah itu, kamu bisa menggeprek jahe agar sari jahe mudah keluar. kemudian suwir-suwir atau potongkecil-kecil.

3. Panaskan air hingga mendidih, setelah itu masukkan jahe, kayumanis, 1 batang sereh, dan gula aren ke dalam panci.

4. Tunggu sekitar 5 menit agar sari jahe dan bahan-bahan lainnya bisa larut dalam air. 

5. Apabila telah 15 menit, kamu bisa entas dan tuangkan ke dalam gelas. Pastikan ampasnya tidak terbawa ya agar wedang jahe bisa dinikmati.

6. Masukkan 1 batang sereh sebagai pengaduk wedang jahe. Batang sereh ini juga berfungsi sebagai garnis atau hiasan.

7. Wedang jahe siap dinikmati.

Kesimpulan

Membuat wedang jahe yang enak dan sehat ternyata mudah banget. Dengan bermodalkan bahan-bahan seadanya, kita bisa membuat wedang jahe di rumah. Jadi mulai sekarang tidak perlu buang-buang duit untuk membeli wedang jahe di luar.

Demikianlah Langkah-langkah Untuk Membuat Teks Prosedur Beserta Contohnya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya. Terima kasih telah berkunjung dan membaca hingga selesai. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok!

Post a Comment for "Begini Langkah-langkah Untuk Membuat Teks Prosedur Beserta Contohnya"