Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tata Cara Sholat Dhuha bagi Pemula Beserta Doa yang Harus Dibaca

Tata Cara Sholat Dhuha bagi Pemula

tata cara sholat dhuha bagi Pemula
tata cara sholat dhuha bagi Pemula

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, kami akan bahas mengenai tata cara sholat dhuha bagi Pemula. Kami sajikan materi ini karena banyak yang request mengenai sholat dhuha. 

Tata cara sholat dhuha bagi Pemula sebenarnya sama seperti sholat pada umumnya, yang membedakan hanyalah niatnya saja. Gerakan dan urutanny adari awal hingga akhir sama semua. 

Perlu diketahui tata cara sholat dhuha bagi Pemula bisa mendatangkan rezeki loh. Bahkan banyak guru-guru yang bilang, jika kita kesulitan dalam rezeki, maka dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha. 

Oleh karena itu, banyak sekali yang mengamalkan sholat dhuha ini agar dapat menjembatani dalam proses peraihan rezeki. Seperti apa sih? Yuk simak berikut ini. 

Tata Cara Sholat Dhuha bagi Pemula dan Niatnya

1. Niat dalam hati yang dilakukan berbarengan dengan takbiratul ihram. Bacaan niatnya sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Latin: Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala.

2. Setelah itu, kamu membaca doa iftitah. Kamu bisa memakai doa iftitah Allahumma baid atau Allahuakbar. 

3. Berikutnya membaca surat Al-Fatihah.

4. Lalu membaca surat pendek dalam Al-Quran. Disarankan untuk membaca Surat As-Syams di rakaat pertama, kemudian Surat Al-Lail untuk rakaat kedua. 

5. Ruku' dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali.

6.Kemudian, melakukan gerakan I'tidal dan membaca tasbih sebanyak tiga kali.

7. Kemudian langsung melakukan sujud pertama dan membaca tasbih sebanyak tiga kali. 

8. Berikutnya duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.

9. Setelah itu, melakukan sujud kedua dan membaca tasbih sebanyak tiga kali. 

10. Setelah sujud kedua, silahkan melaksanakan rakaat kedua dengan tahapan dan bacaan yang sama (diulang dari membaca Al fattihah). 

11. Setelah kamu melakukan sujud kedua di rakaat kedua, kamu bisa melakukan tasyahud akhir. Pada posisi ini, kamu membaca doa tahiyatt atau doa tasyahud.

12. Dan terakhir mengucapkan salam sembari menolehkan wajah ke kanan, kemudian ke kiri.

Setelah kamu selesai melakukan sholat, kamu dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa. Gunakanlah dzikir yang mudah dan bisa kamu hafalkan. Setelah itu membaca doa sholat dhuha sebagai berikut. 

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

latin: Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba'idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita 'ibadikash shalihin.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, keelokan itu keelokan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jikajauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keelokan-Mu (Wahai Tuhanku). Limpahkanlah padaku apa segala yang Engkau telah berikan kepada para hamba-Mu yang soleh.

Nah itulah tata cara sholat dhuha bagi Pemula beserta doa yang dapat kamu amalkan. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok!

Post a Comment for "Tata Cara Sholat Dhuha bagi Pemula Beserta Doa yang Harus Dibaca"