Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

4 Kitab Allah Beserta Rasul yang Menerimanya

4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya
4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya

Jafarull.com - Kalian tahu tidak 4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya? Nah di dalam agama Islam memang ada empat kitab yang tela diturunkan kepada Rasul.

4 kitab Allah itu diturunkan kepada Rasul untuk disampaikan kepada umat manusia. Karenanya kita wajib mempelajari dan mengamalkan ajaran yang ada di kitab tersebut. Eits tapi tidak semuanya. Kita hanya perlu mempelajari dan mengamalkan kitab Al-quran.

Sekedar informasi, ada enam rukun iman yang perlu kita jaga dan terapkan dalam hidup ini. Diantaranya yakni Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada kitab-kitab Allah, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada hari akhir, serta Iman kepada Qadha dan Qadar.

Atas dasar itulah kita wajib mengimani 4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya. Selain sebagai pengetahuan, juga menjadi petunjuk hidup (khusus Al-Quran).

4 Kitab Allah Beserta Rasul yang Menerimanya

Ada empat kitab yang diturunkan yakni kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud, Taurat diturunkan kepada Nabi Musa, Injil diturunkan kepada Nabi Isa, dan Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad.

1. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud

Menurut literasi yang kami baca, Kitab Zabur diturunkan pada abad 10 Sebelum Masehi di Yerusalem dan ditulis menggunakan bahasa Qibti. Kitab ini diturunkan sebagai petunjuk untuk bani Israil. 

Karena pada saat itu, Bani Israil terkenal membangkang dan keras kepala. Isi dari kitab zabur diantaranya  doa, zikir, nasehat, hingga hikmah dari kejadian di masa lampau. 

Kita bisa melihat ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang Kitab Zabur pada Surat An-Nisa ayat 163 sebagai berikut.

اِنَّاۤ اَوۡحَيۡنَاۤ اِلَيۡكَ كَمَاۤ اَوۡحَيۡنَاۤ اِلٰى نُوۡحٍ وَّالنَّبِيّٖنَ مِنۡۢ بَعۡدِهٖ‌ ۚ وَاَوۡحَيۡنَاۤ اِلٰٓى اِبۡرٰهِيۡمَ وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَاِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ وَالۡاَسۡبَاطِ وَعِيۡسٰى وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡنُسَ وَهٰرُوۡنَ وَسُلَيۡمٰنَ‌ ۚ وَاٰتَيۡنَا دَاوٗدَ زَبُوۡرًا‌

Latin: innaaa awhainaaa ilaika kamaaa awhainaaa ilaa Nuuhinw wan nabiyyiina mim ba'dih; wa awhainaaa ilaaa ibraahiima wa Ismaaa'iila wa Ishaaqa wa Ya'quuba wal Asbaati wa 'Eesaa wa Ayyuuba wa Yuunusa wa haaruuna wa Sulaimaan; wa aatainaa Daawuuda Zabuuraa

Artinya: "Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya; Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Dawud."

2. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa

Kitab Taurat diturunkan pada abad 12 Sebelum Masehi dan ditujukkan untuk Bandi Israil. Kengeyelan dan pembangkangan Bani Israil memang telah dijelaskan dalam Al-Quran.

Sehingga tak heran jika Allah beberapa kali mencoba memberikan kesempatan kepada Bani Israil agar dapat bertaubat dan menuju ke jalan yang benar. Namun hingga saat ini, mereka tetap kekeh dengan egonya.

Kitab Taurat ditulis menggunakan bahasa Ibrani dan di dalamnya berisi hukum-hukum, sistem kepercayaan, hingga aturan dalam hidup.

Kita dapat melihat bukti dari adanya Kitab taurat pada Al-Qurat surat Ali Imran ayat 3sebagai berikut.

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ 

latin: Nazzala alaikal kitaba bil haqqi musoddiqol lima baina yadaihi wa ang zalat taurota wal injil.

Artinya: "Dia menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil,"

3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa

4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya yang berikutnya yakni kitab Injil. Kitab ini diturunkan pada abad 1 Masehi di Yerusalem. 

Kitab ini ditulis dengan bahasa Suryani dan berisi mengenai perintah iman kepada Allah. Selain itu ada juga penyesuaian hukum yang dilakukan dari kitab-kitab terdahulu. Karena ada beberapa hukum yang kurang sesuai dengan hukum pada masa itu.

Kitab Injil juga menjadi pegangan kaum nasrani. Kita dapat melihat bukti dari kitab Injil di dalam Al-Quran surat Maryam ayatt ke 30 sebagai berikut.

قَالَ إِنِّى عَبْدُ ٱللَّهِ ءَاتَىٰنِىَ ٱلْكِتَٰبَ وَجَعَلَنِى نَبِيًّا

Latin: Qāla innī 'abdullāh, ātāniyal-kitāba wa ja'alanī nabiyyā 

Artinya: Isa Berkata: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,

4. Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad

Kitab terakhir dan menjadi panutan kita semua adalah kitab Al-Quran. Kitab ini diturunkan pada abad ke 7 Masehi atau sekitar tahun 611-632M. 

Nabi Muhammad sebagai penerima kitab Al-Quran menjadi Nabi terakhir sekaligus menutup zaman kenabian. 

Kitab Al-Quran diturunkan untuk menyempurnakan kitab-kitab terdahulu (Zabur, Taurat, dan Injil), sehingga kita semua wajib mempelajari isi Al-Quran dan mengamalkannya. 

Kitab Al-Quran juga menjadi pedoman bagi umat manusia, khususnya umat Islam. Al-Quran diturunkan pada Bulan Ramadhan, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah Ayat 185.

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

Latin: Shahru Ramadaanallaziii unzila fiihil Qur'aanu hudal linnaasi wa baiyinaatim minal hudaa wal furqoon; faman shahida minkumush shahra falyasumhu wa man kaana mariidan aw 'alaa safarin fa'iddatum min ayyaamin ukhar; yuriidul laahu bikumul yusra wa laa yurii

Artinya: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita mengenai 4 kitab Allah beserta rasul yang menerimanya. Kita juga sudah tahu waktu turunnya kitab-kitab tersebut. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. 

Apabila kami ada kesalahan, kami mohon maaf. Jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya. 

Post a Comment for "4 Kitab Allah Beserta Rasul yang Menerimanya"