Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

10 Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah

Adab masuk dan keluar kamar mandi

Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah
 Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, kami akan sajikan Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah. Adab ini wajib kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengetahui Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah, diharapkan kita bisa lebih teliti akan masalah sepele tetapi berdampak besar. 

Apalagi kamar mandi merupakan tempat yang sangat disukai oleh setan. Tentunya kita harus mengetahui aturan-aturan saat berada di dalamnya.

Bagaimana sih  Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah? Mari simak penjelasan berikut ini.

Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah

1. Membaca Doa masuk kamar mandi

Apabila kamu hendak masuk ke dalam kamar mandi, hendaknya membaca basmalah terlebih dahulu kemudian membaca doa masuk kamar mandi. Hal ini agar kita bisa terjaga dari godaan dan perbuatan dosa di kamar mandi.

2. Masuk kamar mandi didahului dengan kaki kiri

Rasull Saw. juga mengajarkan kepada kita semua agar melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu ketika masuk kamar mandi. 

3. Dilarang membawa benda ke dalam kamar mandi

Saat memasuki kamar mandi, hendaknya tinggalkan barang bawaan. Kita tidak diperkenankan untuk membawa barang-barang ke dalam kamar mandi. Hal ini seperti hadits riwayat Imam Abu Daud dari Anas bin Malik, dia berkata;

 كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ وَضَعَ خَاتَمَهُ 

Artinya: “Nabi Saw ketika memasuki kamar mandi, beliau meletakkan cincinnya.”

4. Saat buang air, Tidak boleh menghadap kiblat

Saat buang air, kita tidak boleh menghadap kiblat. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi sebagai berikut.

“Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari).

5. Dilarang Berdzikir di dalam kamar mandi

Berdzikir memang perbuatan baik, tetapi harus tahu tempat. Berdzikir di dalam kamar mandi sangat tidak dianjurkan karena tempat tersebut menjadi tempat kotor dan menjadi tempat yang disukai setan. 

6. Dilarang menyanyi di kamar mandi

Ketika berada di dalam kamar mandi, hendaknya kita tidak berisik. Apalagi sampai bernyanyi keras-keras, tentunya sangat tidak dianjurkan. 

7. Dilarang berlama-lama di kamar mandi

Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah yang berikutnya yakni dilarang berlama-lama di dalam kamar mandi. 

Kamar mandi merupakan tempat bersarangnya setan. Setan sangat suka berada di kamar mandi. Oleh karena itu, kita tidak diperkenankan untuk berlama-lama di sana. 

8. Ketika bersuci, mengunakan tangan kiri

Kita telah diajarkan, ketika melakukan hal-hal baik hendaknya memakai tangan kanan. Ketika bersih-bersih badan, hendaknya memakai tangan kiri. Aturan ini sudah diajarkan turun temurun oleh guru-guru ngaji kita.

9. Membaca doa keluar kamar mandi

Sebelum keluar kamar mandi, kita dianjurkan untuk membaca doa keluar kamar mandi. Hal ini bertujuan agar setan yang ada di kamar mandi tidak mengganggu kita saat beranjak dari sana.

10. Keluar mengunakan kaki kanan

Saat kita keluar dari kamar mandi, kaki yang pertama melangkah adalah kaki kanan. Hal ini karena kaki kanan menjadi anggota badan yang perlu didahulukan untuk melakukan kebaikan.

Beranjak dari kamar mandi berarti perilaku yang baik, karena meninggalkan sarang setan. Karenanya perlu didahulukan anggota badan bagian kanan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Demikian pembahasan kita mengenai  Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah. Semoga apa yang barusan disampaikan bisa bermanfaat ya.

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok.

Post a Comment for "10 Adab masuk dan keluar kamar mandi sesuai Sunnah"