Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apakah Perbedaan Utama Teks Prosedur Dengan Jenis Teks Lainnya?

apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya
apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya

Jafarull.com - Tahukah kamu, apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya? Jangan khawatir, jafarull.com akan mengulasnya untuk kamu semua. 

Teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan suatu proses melakukan sesuatu. Di dalam teks prosedur memiliki langkah-langkah dan tahapan yang dijelaskan secara runtut dari awal hingga akhir. 

Isi dari Teks prosedur harus jelas, agar pembaca bisa mengikuti langkah-langkah dengan baik. Tahapan yang disampaikan juga harus sesuai agar tidak membahayakan pembaca.

Oleh karena itu, teks prosedur biasanya dibuat berdasarkan pengalaman dan praktek langsung dari penulisnya. 

Apakah Perbedaan Utama Teks Prosedur Dengan Jenis Teks Lainnya

Ada beberapa hal yang membedakan antara teks prosedur dengan jenis teks lain. Berikut jafarull paparkan untuk kamu semua. 

1. Teks prosedur berisi langkah-langkah atau tahapan-tahapan

Jika pada jenis teks lain isinya berupa penggambaran atau hanya narasi, maka pada teks prosedur isinya berupa tahapan-tahapan. Ciri ini juga menjadi ciri utama dari teks prosedur. 

Karena berisi langkah-langkah, maka susunan  dari teks prosedur tidak dapat di rubah. Jadi, bagian awal ya harus berada di tempat yang sesuai. 

2. Teks prosedur menggunakan pola kalimat perintah

Kalimat pada teks prosedur menggunakan pola kalimat perintah. Kalimat perintah digunakan agar pembaca mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di dalam teks. 

Meskipun pada jenis teks lain juga memiliki kalimat perintah, tetapi pada teks prosedur jumlah kalimat perintahnya lebih banyak. Bahkan di tiap tahapan kadang selalu muncul kalimat perintah. 

3. Teks prosedur menggunakan kata kerja aktif

Teks prosedur juga menggunakan kata kerja aktif agar tahapan dalam teks bisa tersampaikan dengan sempurna. 

Contoh kata kerja aktif yakni: "masukkan bawang putih secukupnya" 

Pada kalimat tersebut, kata kerja aktif berupa "masukkan". Kalimat yang menggunakan kata kerja aktif tentu lebih mudah dipahami ketimbang kalimat dengan kata kerja pasif.

Contoh kata kerja pasif yakni: "bawang putih dimasukkan secukupnya"

Pada kalimat tersebut, bentuk kata kerja pasif yakni "dimasukkan". Ketika menggunakan kalimat perintah pasif, maka pembaca akan bingung dengan maksud dari langkah tersebut. 

Demikian pembahasan jafarull mengenai apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya. Semoga apa yang jafarull sampaikan bisa lebih bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Post a Comment for "Apakah Perbedaan Utama Teks Prosedur Dengan Jenis Teks Lainnya?"