Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Nabi Muhammad SAW adalah Penutup Para Nabi dan Rasul yang disebut?

Nabi Muhammad SAW adalah Penutup Para Nabi dan Rasul yang disebut
Nabi Muhammad SAW adalah Penutup Para Nabi dan Rasul yang disebut

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull.com akan membahas mengenai pertanyaan Nabi Muhammad SAW. adalah penutup para nabi dan rasul yang disebut? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh siswa-siswi. 

Perlu diketahui, Nabi terakhir penutup para Nabi adalah Nabi Muhammad SAW. Setelah meninggalnya Rasullulah, maka tidak ada Nabi lagi di muka bumi ini. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 40 sebagai berikut. 

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ اَبَآ اَحَدٍ مِّنۡ رِّجَالِكُمۡ وَلٰـكِنۡ رَّسُوۡلَ اللّٰهِ وَخَاتَمَ النَّبِيّٖنَ ؕ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا

Latin: Maa kaana Muhammmadun abaaa ahadim mir rijaalikum wa laakir Rasuulal laahi wa Khaataman Nabiyyiin; wa kaanal laahu bikulli shai'in 'Aliima

Artinya: "Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu," (Q.S. Al-Ahzab: 40).

Hal ini berarti, jika ada orang yang mengaku sebagai Nabi, maka bisa dipastikan orang tersebut adalah pembohong dan pendusta. 

Nabi Muhammad SAW. adalah penutup para nabi dan rasul yang disebut

Menjadi Nabi yang terakhir, Rasulullah SAW kemudian mendapat julukan Khataman Nabiyyin (خاتم النبيين) atau penutup para nabi dan rasul. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya: 

"Akan ada pada umatku 30 pendusta semuanya mengaku nabi, dan saya penutup para Nabi dan tidak ada nabi setelahku." (HR. Abu Dawud).

Dari hadist tersebut saja kita sudah tahu bahwa Rasul merupakan Nabi terakhir dan tidak akan ada Nabi lagi setelahnya. Walaupun nantinya akan ada orang yang mengaku-ngaku sebagai Nabi. 

Sekedar informasi, Nabi Muhammad dilahirkan di Kota Mekah pada 12 Rabiul Awwal tahun Gajah atau bertepatan dengan tahun 570 Masehi. 

Dalam sejarah tercatat, bahwa Rasulullah lahir dalam kondisi yatim. Ayah Rasulullah yakni Abdullah bin Abdul Muththalib, meninggal saat Rasul masih berada dalam kandungan. 

Pada usianya yang telah menginjak 25 tahun, Rasulullah menikahi Siti Khadijah yang telah berusia 40 tahun. 

Rasul mendapatkan wahyu di usia 40 tahun. Rasullulah diberi perintah untuk menyampaikan kitab Al-Quran yang diturunkan secara bertahap oleh Allah melalui malaikat Jibril. 

Bagaimana sobat? Sudah tahu kan nabi Muhammad SAW. adalah penutup para nabi dan rasul yang disebut apa? Kamu bisa mempelajarinya lagi agar ilmu yang kamu dapatkan bisa lebih bermanfaat. 

Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk terus belajar dan raih cita-cita setinggi langit ya. Jangan lupa juga share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok.

Post a Comment for "Nabi Muhammad SAW adalah Penutup Para Nabi dan Rasul yang disebut?"