Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Orang-orang yang Menyekutukan Allah atau Musyrik Akan Menempati Neraka?

orang-orang yang menyekutukan allah atau musyrik akan menempati neraka
orang-orang yang menyekutukan allah atau musyrik akan menempati neraka

Jafarull.com - Tahukah kamu, orang-orang yang menyekutukan Allah atau musyrik akan menempati neraka apa? Jangan khawatir, karena jafarull.com bakal memaparkan semuanya kepada kalian semua. 

Perlu diketahui, tindakan menyekutukan Allah merupakan perbuatan dosa yang sangat besar dan tidak akan bisa diampuni. Karena perilaku ini sangat tercela serta sesat dari jalan-Nya. 

Orang yang menyekutukan Allah diharamkan masuk surga. Di akhirat kelak, tempatnya adalah di neraka. Hal ini sesuai dengan firman Allah sebagai berikut.

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Baca Juga: orang yang menyekutukan Allah akan mendapat balasan?

Artinya: "Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu." (QS. Al-Ma'idah Ayat 72).

Dari ayat tersebut, seharusnya sudah jelas bahwa orang yang menyekutukan Allah akan ditempatkan di dalam neraka. Ia akan kekal di dalamnya dan disiksa dengan siksaan yang amat pedih. 

Lantas orang-orang yang menyekutukan allah atau musyrik akan menempati neraka apa? Berikut pemaparannya. 

Orang-orang yang menyekutukan allah atau musyrik akan menempati neraka?

Orang yang menyekutukan Allah disebut dengan musyrik. Sedangkan perbuatannya disebut syirik. 

Banyak sekali perilaku dan perbuatan yang bisa menjerumuskan kita ke dosa syirik. Misalnya saja mendatangi dukun, bertapa di goa untuk mendapatkan kesakitan, percaya ramalan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 kitab Allah beserta Rasul yang menerimanya 

Nah Allah telah mengancam orang musyrik dengan api neraka Jahanam. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Kahfi sebagai berikut. 

اَفَحَسِبَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنۡ يَّتَّخِذُوۡا عِبَادِىۡ مِنۡ دُوۡنِىۡۤ اَوۡلِيَآءَ‌ ؕ اِنَّاۤ اَعۡتَدۡنَا جَهَـنَّمَ لِلۡكٰفِرِيۡنَ نُزُلًا‏

Latin: Afahasibal laziina kafaruuu any yattakhizuu 'ibaadii min duuniii awliyaaa'; innaaa a'tadnaa jahannama lilkaafi riina nuzulaa

Artinya: "Maka apakah orang kafir (musyrik) menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sungguh, Kami telah menyediakan (neraka) Jahanam sebagai tempat tinggal bagi orang-orang kafir," (Q.S. Al-Kahfi ayat 102).

Dari ayat di atas, kita bisa belajar bahwa hukuman bagi orang-orang musyrik adalah neraka jahanam. Orang-orang musyrik akan kekal di dalamnya dan akan disiksa dengan siksaan yang amat berat. 

Neraka jahanam adalah neraka yang sangat berat siksanya. Bahkan Allah telah menjelaskan bahwa penghuni neraka jahanam merupakan orang-orang yang ingkar kepada-Nya.

Baca Juga: menyebut nama Allah dengan asmaul husna berarti?

Gambaran mengenai neraka jahanam juga sudah dijelaskan dalam al-quran surat Al Hijr ayat 43-44 sebagai berikut.

وَاِنَّ جَهَـنَّمَ لَمَوۡعِدُهُمۡ اَجۡمَعِيۡنَۙ (43) لَهَا سَبۡعَةُ اَبۡوَابٍؕ لِكُلِّ بَابٍ مِّنۡهُمۡ جُزۡءٌ مَّقۡسُوۡمٌ (44)

Latin: Wa inna jahannama lamaw'iduhum ajma'iin. Lahaa sab'atu abwaab; likulli baabim minhum juz'um maqsuum.

Artinya: Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah dijanjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya (43). (Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka (44), (Q.S Al Hijr: 43-44).

Oleh karena itu, kita perlu menjauhi perbuatan syirik agar terhindar dari api yang amat panas ini. 

Mintalah bertaubat kepada Allah apabila kita terpeleset ke dosa yang besar. Mumpung masih diberi kesempatan, perbanyaklah amal baik.

Bagaimana? Sudah terjawab kan orang-orang yang menyekutukan allah atau musyrik akan menempati neraka jahanam! Semoga apa yang jafarull.com sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok. 

Post a Comment for "Orang-orang yang Menyekutukan Allah atau Musyrik Akan Menempati Neraka?"