Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Orang yang Menyekutukan Allah Swt Mendapat Balasan?

Orang yang Menyekutukan Allah Swt Mendapat Balasan?
Orang yang Menyekutukan Allah Swt Mendapat Balasan?

Jafarull.com - Pernahkah kamu mendapat pertanyaan orang yang menyekutukan allah swt mendapat balasan? Padahal jawaban dari pertanyaan tersebut sangat mudah loh. 

Sebelum itu, mari kita pelajari apa sih yang dinamakan menyekutukan. Menyekutukan berarti menduakan (bahasa gaulnya yakni selingkuh). 

Menyekutukan Allah sama saja kita menduakan Allah. Padahal Allah itu Esa dan tidak ada duanya. Kita dilarang menyembah selain Allah.

Karena perbuatan menyekutukan Allah tidak akan diampuni sampai kapanpun. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 48 sebagai berikut.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغۡفِرُ اَنۡ يُّشۡرَكَ بِهٖ وَيَغۡفِرُ مَا دُوۡنَ ذٰ لِكَ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ۚ وَمَنۡ يُّشۡرِكۡ بِاللّٰهِ فَقَدِ افۡتَـرٰۤى اِثۡمًا عَظِيۡمًا‏

Latin: Innal laaha laa yaghfiru ai yushraka bihii wa yaghfiru maa duuna zaalika limai yashaaa'; wa mai yushrik billaahi faqadif taraaa isman 'aziimaa

Artinya: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar." (QS. An-Nisa Ayat 48).

Orang yang menyekutukan Allah disebut Apa? Berdasarkan ayat di atas, orang yang menyekutukan Allah disebut dengan musyrik. Sedangkan perbuatan dosanya disebut dengan syirik. 

Perbuatan syirik merupakan dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah. Contoh perbuatan syirik yakni percaya kepada dukun, taat kepada setan, dan lebih yakin dengan tuhan lain selain Allah.

Orang yang menyekutukan allah swt mendapat balasan apa?

Di dalam Al-Quran sudah diterangkan mengenai balasan bagi orang-orang yang menyekutukan Allah. Allah berfirman dalam surat Al-Maidah ayat ke 72.

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Artinya: "Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu." (QS. Al-Ma'idah Ayat 72).

Dari ayat di atas sudah jelas, bahwa orang yang menyekutukan Allah diharamkan masuk surga. Berarti tempatnya di akhirat kelak yakni berada di neraka. Ia akan disiksa hingga hancur, kemudian dibangkitkan lagi, lalu disiksa lagi hingga ia hancur lebur. 

Siksa ini tidak akan ada habisnya karena alam akhirat menjadi alam yang kekal. Jadi sudah jelas kan mengenai orang yang menyekutukan allah swt mendapat balasan siksa api neraka dan akan kekal di dalamnya. 

Alangkah baiknya kita selalu mawas diri dan berdoa agar dijauhkan dari perbuatan yang membawa siksa ke dalam api neraka. Karena panasnya api neraka bisa membuat otak mendidih.

Segera perbaiki diri dan meminta ampun kepada Allah. Semoga ulasan kami terkait orang yang menyekutukan allah swt mendapat balasan? dapat memberikan manfaat untuk kalian semua. 

Jangan lupa untuk terus belajar ya, agar kalian jadi lebih pintar dan menjadi lebih baik. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok. 

Post a Comment for "Orang yang Menyekutukan Allah Swt Mendapat Balasan?"