Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Tata Cara Sholat Tahajud Agar Keinginan Terkabul

tata cara sholat tahajud agar keinginan terkabul
tata cara sholat tahajud agar keinginan terkabul

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull.com akan membagikan tata cara sholat tahajud agar keinginan terkabul. Mungkin kalian semua sudah tak asing dengan sholat tahajud. 

Sholat ini memang sering dilakukan untuk bisa mendapatkan sesuatu. Pasalnya, hajat atau keinginan kita bisa cepat terkabul ketika melaksanakan sholat tahajud. 

Jadi bagi kamu yang tengah menghadapi kesulitan hidup, kamu disarankan melakukan sholat sunnah tahajud ini. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi sebagai berikut.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ. وَهُوَ قُرْبَةٌ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ. رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحيح على شرط البخاري)


Artinya, “Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili ra, dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda: ‘Kalian lakukanlah terus qiyâmyul lail (dengan melakukan shalat Tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Qiyâmul lail (dengan melakukan shalat Tahajud) merupakan ibadah kalian kepada Tuhan kalian, melebur berbagai kesalahan dan mencegah dari dosa’,” (HR al-Hakim dan ia berkata, “Ini adalah hadits shahih sesuai syarat al-Bukhari).

Melihat keutamaan sholat tahajud ini, tentu sangat merugi jika kita menyia-nyiakannya begitu saja. Lantas bagaimana cara sholat tahajud yang benar agar hajat bisa cepat terkabul? Kamu bisa ikuti panduan berikut ini. 

Tata cara sholat tahajud agar keinginan terkabul

Berdasarkan anjuran dari islam.nu.or.id, untuk melaksanakan sholat tahajud bisa dilakukan minimal dua rakaat dan tidak ada batasan maksimal mengerjakannya. 

Gerakan pada sholat tahajud juga sama dengan gerakan sholat sunnah pada umumnya. Nah untuk tata cara melaksanakannya yakni. 

1. Pertama, kamu wajib Bangun di malam hari

Jika hendak melaksanakan sholat tahajud, maka kamu wajib tertidur terlebih dahulu. Kemudian bangun di malam hari. Karena jika tanpa tidur, maka kamu tidak bisa melaksanan sholat sunnah tahajud. 

2. Berwudhu 

Setelah kamu terbangun dari tidur, berikutnya melaksanakan wudhu. Walaupun terasa dingin dan tidak enak, tetapi kamu wajib berwudhu sebelum melaksanakan sholat. 

3. Niat sholat tahajud, bacaannya sebagai berikut: 

  أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى   

Latin: Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ. 

Artinya, “Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”   

4. Melaksanakan sholat tahajud seperti biasa

Perlu diingat, niat dalam hati pastikan untuk berbarengan dengan takbîratul ihrâm.  Setelah itu, kamu bisa menyelesaikan sholat tahajud hingga dua rakaat.

5. Membaca Doa Sholat Tahajud

Setelah kamu selesai melaksanakan sholat tahajud, kamu bisa berdzikir terlebih dahulu kemudian ditutup dengan doa sholat tahajud. Untuk bacaannya sebagai berikut. 

   اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ   

Latin: Allâhumma rabbanâ lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta mâlikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqâ’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan nâru haqq. Wan nabiyyûna haqq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haqq. Was sâ‘atu haqq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.   

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad ﷺ itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” Doa ini dianjurkan dibaca seusai shalat tahajud.

Demikian tata cara sholat tahajud agar keinginan terkabul yang dapat jafarull sampaikan. Semoga materi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa belajar di rumah agar makin pintar dan makin jago. 

Post a Comment for "Tata Cara Sholat Tahajud Agar Keinginan Terkabul"