Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apa Penjelasan Dari Teks Eksplanasi Memiliki Fungsi Sosial?

apa penjelasan dari teks eksplanasi memiliki fungsi sosial
apa penjelasan dari teks eksplanasi memiliki fungsi sosial

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan membahas mengenai soal apa penjelasan dari teks eksplanasi memiliki fungsi sosial. Soal ini mungkin sering muncul di materi teks eksplanasi. 

Perlu kamu ketahui, teks ekspresi adalah teks yang menjelaskan suatu peristiwa sebab hingga akibat. Peristiwa ini dapat berupa peristiwa bencana, sosial, politik, ekonomi, budaya, hingga agama. 

Karena teks ini berkaitan dengan peristiwa, teks eksplanasi selalu mengacu pada kejadian nyata. Selain itu, teks eksplanasi juga akan sangat berkaitan dengan fungsi sosial. 

Apa Penjelasan Dari Teks Eksplanasi Memiliki Fungsi Sosial?

Seperti yang telah disinggung di atas, teks eksplanasi memiliki keterkaitan dengan sosial. Bahkan teks ini memiliki fungsi tersendiri dalam hidup bersosial. 

Lantas apa penjelasan dari teks eksplanasi memiliki fungsi sosial? Teks eksplanasi dapat memberikan gambaran dan pencerahan terhadap masyarakat mengenai suatu peristiwa. Jadi semua peristiwa yang ada tidak serta merta terjadi begitu saja. Tetap ada sesuatu yang mendasari terjadinya sesuatu tersebut. 

Dengan teks eksplanasi, masyarakat bisa lebih paham dan bisa mengambil kesimpulan mengenai kejadian tersebut. Oh iya, setiap teks tentunya memiliki struktur tersendiri. Teks eksplanasi juga memiliki struktur yang membangun. 

Struktur Teks Eksplanasi

Ada beberapa struktur dari teks eksplanasi, jafarull telah merangkumnya sebagai berikut. 

1. Pernyataan umum 

Pernyataan umum berisi tentang gambaran umum dari permasalahan yang dibahas di dalam teks. Pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat mengenai masalah yang ada. Umumnya, pada bagian ini akan dijelaskan juga mengenai informasi tempat peristiwa, lokasi, dan lain sebagainya.  

Karena berisi gambaran umum, jadi isinya singkat, padat, dan jelas. Meski begitu, pada bagian ini juga disajikan secara menarik agar pembaca bisa tertarik untuk membaca hingga selesai.  

2. Rentetan penjelasan

Rentetan penjelasan berisi mengenai sebab akibat dari suatu peristiwa. Misalnya saja peristiwa gunung semeru meletus, pada bagia  ini nantinya akan dijelaskan mengapa gunung semeru meletus, desa mana saja yang terdampak, alasan desa bisa lebih parah tertutup pasir tebal, dan lain sebagainya. 

Pada bagian ini akan dijelaskan secara detail rentetan kejadian yang ada. Jadi pembahasannya akan lebih panjang ketimbang pada pernyataan umum. 

Oh iya, rentetan penjelasan ini juga akan menjawab semua pertanyaan terkait permasalahan. Jawaban bisa berupa fakta dan data yang sebelumnya telah dikumpulkan. 

3. Interpretasi atau penutup

Interpretasi biasanya berisi mengenai tanggapan terhadap permasalahan yang dibahas pada bagian rentetan penjelasan. Pada bagian ini juga akan disampaikan mengenai pendapat dari penulis tentang peristiwa yang dibahas dalam teks. 

Penutup

Demikianlah pembahasan jafarull kali ini tentang apa penjelasan dari teks eksplanasi memiliki fungsi sosial? Bagaimana, pertanyaanmu sudah terjawab atau belum. Silahkan baca-baca lagi agar lebih paham dan mudeng ya. Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ok. 

Post a Comment for "Apa Penjelasan Dari Teks Eksplanasi Memiliki Fungsi Sosial?"