Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apakah ciri ciri teks anekdot? Simak Contoh Beserta Strukturnya!

Apakah ciri ciri teks anekdot
Apakah ciri ciri teks anekdot

Jafarull.com - Kalian tahu tidak apakah ciri ciri teks anekdot? Hayoo, sudah lupa ya? Hehe jangan khawatir, karena di artikel ini, jafarull.com akan mengulas kembali ciri-ciri dari cerita teks anekdot untuk kamu semua. 

Teks anekdot merupakan teks yang singkat dan bersifat humor atau lucu. Meski begitu, teks ini selalu mengandung makna yang tersimpan. Jadi pembaca bukan hanya terhibur, tetapi juga mendapat manfaat dari cerita tersebut. 

Baca Juga: Analisis Teks Anekdot Kuli dan Kiyai

Di dalam sebuah teks tentunya memiliki ciri-ciri tertentu. Kira-kira Apakah ciri ciri teks anekdot itu? Mari simak penjelasan jafarull.com berikut ini. 

Apakah Ciri Ciri Teks Anekdot?

Agar dapat mengidentifikasi teks anekdot, kamu harus memahami beberapa ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri teks anekdot secara umum, diantaranya: 

1. Bersifat humor

Ciri utama teks anekdot adalah sifatnya yang berupa candaan dan humor, sehingga akan mengundang gelak tawa pembaca. Semua teks anekdot wajib memiliki sifat humor. Bahkan ciri ini menjadi ciri utama dari teks anekdot. 

2. Bersifat menggelitik

Menggelitik berarti mampu memancing pembaca agar tergerak hatinya dengan peristiwa yang ada. Walaupun disajikan dengan cara jenaka, tetapi teks ini bisa memberikan pengaruh tersendiri bagi pembaca. 

Baca Juga: Persamaan Teks Humor dan Teks Anekdot

Hal ini tak lepas dari topik atau sumber cerita anekdot yang berasal dari kejadian nyata. Sehingga pembaca bisa langsung tahu, maksud dan makna dari teks anekdot tersebut. 

3. Bersifat menyindir mengenai peristiwa atau kebijakan

Apakah ciri ciri teks anekdot? Teks anekdot biasanya digunakan untuk menyindir peristiwa atau kebijakan. Misalnya saja peristiwa banjir di Jakarta, korupsi bansos, tenggelamnya Jakarta, dan lain sebagainya bisa disindir menggunakan cerita anekdot. 

Baca Juga: Cerita Teks Anekdot biasanya diangkat berdasarkan apa?

Jadi kamu bisa mengangkat topik tersebut agar mampu memberikan kesan wah pada pembaca. Sehingga pembaca tidak akan bosan dengan cerita anekdot yang telah kamu sampaikan. 

4. Menyindir tokoh tertentu

Selain menyindir peristiwa, teks anekdot juga digunakan untuk menyindir tokoh atau seseorang. Biasanya tokoh atau orang tersebut merupakan orang yang terkenal seperti pejabat, dan tokoh masyarakat.  

Misalnya ketika ada pejabat yang "pansos" Maka bisa dijadikan bahan untuk membuat teks anekdot. Kemudian jika ada seorang guru yang genit, bisa dijadikan sebagai bahan teks anekdot. 

5. Teks lebih singkat

Apakah ciri ciri teks anekdot? Nah untuk nomor lima ini teks lebih singkat. Karena sifatnya yang sebagai hiburan dan menyindir, maka teks anekdot sangat singkat. Teks anekdot dibuat to the point sehingga akan terkesan singkat dan padat. Tujuannya agar apa yang disampaikan (amanat atau pesan) bisa ditangkap dengan baik oleh pembaca. 

6. Memiliki pesan yang hendak disampaikan

Semua teks anekdot wajib mengandung pesan atau amanat yang hendak disampaikan. Pesan dan amanat ini tergantung dari topik apa yang disampaikan. 

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Belajar Online

Misalnya topik tentang korupsi, maka amanatnya bisa berupa jangan korupsi, dampak korupsi, dan lainnya sebagainya. Umumnya pesan dalam teks anekdot berada di bagian krisis, reaksi, dan koda. 

7. Penyajian boleh menggunakan dialog

Ada dua jenis penyajian teks anekdot yakni secara naratif dan dialog. Kalau penyajian naratif, berarti hanya menceritakan alurnya tanpa adanya dialog antar tokoh. 

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Pejabat

Sedangkan dalam penyajian secara dialog, biasanya akan memunculkan minimal dua orang untuk berdialog. Kamu bisa menyajikannya dengan dialog atau percakapan antara dua orang atau lebih. 

8. Kisahnya mirip dengan dongeng

Secara sekilas, kisah dari teks anekdot hampir mirip dengan dongeng. Bentuknya yang singkat, ada amanat, dan ada dialognya. Namun permasalahan yang diangkat sangat berbeda. 

Permasalahan pada dongeng biasanya mengangkat tentang permasalahan hidup dan nilai-nilai hidup. Sedangkan pada teks anekdot biasanya mengangkat dari peristiwa nyata. 

9. Menceritakan tentang hewan dan manusia

Apakah ciri ciri teks anekdot? Nah ciri terakhir uakni tokohnya bisa berupa manusia dan hewan. Terkadang ada penulis yang menghadirkan teks anekdot dengan tokoh manusia dan hewan. 

Bahkan tokoh utamanya bisa berupa hewan loh. Hal ini agar bisa lebih menarik karena pembaca akan suka dengan imajinasi yang tinggi ketimbang teori yang terlalu njlimet. 

Penutup

Demikian pembahasan jafarull mengenai Apakah ciri ciri teks anekdot. Sekarang kamu jadi tahu kan mengenai beberapa ciri-ciri di atas, semoga dengan pembahasan ini bisa memberikan pencerahan kepada kita semua ya. 

Jangan lupa untuk terus belajar dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal produktif. Jangan lupa juga untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya.  

Post a Comment for "Apakah ciri ciri teks anekdot? Simak Contoh Beserta Strukturnya!"