Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apakah Manfaat Beriman Kepada Takdir Allah Swt? Berikut Penjelasannya!

apakah manfaat beriman kepada takdir allah Swt
apakah manfaat beriman kepada takdir allah Swt

Jafarull.com - Tahukah kamu, apakah manfaat beriman kepada takdir allah Swt? Beriman kepada takdir Allah merupakan rukun iman yang ke-6. 

Beriman kepada takdir Allah berarti mempercayai dan meyakini bahwa takdir Allah itu pasti dan nyata adanya. Setiap makhluk telah memiliki takdirnya masing-masing. 

Entah itu takdir baik atau takdir buruk, pasti akan dialami oleh semua manusia agar manusia bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. 

Tidak ada seorangpun yang tahu mengenai takdir seseorang. Bahkan Rasulullah juga tidak mengetahui takdir kecuali Allah. 

Hal ini dijelaskan dalam al-Quran surat Al An'am ayat 59 yang berbunyi:

وَعِنْدَهٗ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ اِلَّا هُوَۗ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَّرَقَةٍ اِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِيْ ظُلُمٰتِ الْاَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَّلَا يَابِسٍ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: “Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Al An’am: 59).

Dari ayat di atas kita jadi tahu, bahwa hanya Allah lah yang mengetahui segalanya. Tidak asa seorangpun yang tahu mengenai masa depan dan takdirnya. 

Oleh karena itu, kita wajib beriman kepada takdir Allah. Lantas, apakah manfaat beriman kepada takdir allah swt? Mari simak penjelasan jafarull berikut ini.

Apakah Manfaat Beriman Kepada Takdir Allah Swt

Berdasarkan literasi yang jafarull baca, ada beberapa manfaat ketika beriman kepada takdir Allah. Manfaat tersebut diantaranya yakni sebagai berikut. 

1. Jiwa Menjadi Lebih Tenang

Ketika kita telah beriman pada takdir Allah, maka hati dan jiwa bisa menjadi lebih tenang. Hal ini karena kita bisa sadar, bahwa semua yang terjadi menjadi takdir Allah. 

Sehingga kita tidak menuntut hasil yang berujung pada kekecewaan. Kita hanya perlu mengusahakannya saja, kemudian pasrahkan hasilnya pada Allah. 

2. Mudah untuk Bersyukur

Hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yakni bisa membuat seseorang menjadi lebih bersyukur. Karena kita bisa menerima hasil banyak itu pemberian dari Allah dan hasil sedikit juga pemberian dari Allah. 

Orang yang pandai bersyukur biasanya akan lebih tenang terhadap permasalahan hidup. Ia juga tidak akan ngotot untuk mencapai ini itu. Ia hanya akan mengusahakan semaksimal mungkin. 

3. Memiliki Sifat yang Sabar

Sifat sabar bisa terbentuk dari beriman kepada takdir Allah. Karena semua takdir baik dan buruk bisa diterima dengan lapang dada. 

Hal inilah yang menjadikan seseorang bisa lebih bersabar untuk menjalani hidup. Sifat sabar sangat penting untuk diterapkan karena bisa menjadikan hati lebih terbuka dengan masalah yang mungkin datang. 

4. Terhindar dari Rasa Sombong

Keutamaan beriman kepada takdir Allah berikutnya yakni dapat menghindarkan seseorang dari sifat sombong. Orang yang beriman kepada takdir akan selalu ingat dengan Allah. 

Ia akan sadar bahwa semua yang dimilikinya hanya titipan semata. Dengan begitu, orang tersebut bisa terhindar dari rasa kesombongan. 

5. Terhindar dari Rasa Keputusasaan

Sifat putus asa tidak disukai Allah. Ketika ada orang yang beriman kepada takdir, tentunya bisa memacu dirinya untuk semangat dan memperbaiki diri. 

Karena ia tahu, Allah akan memberikan jalan kepada hamba-Nya jika hambanya berusaha dan mau mendekat. 

6. Selalu Optimistis dan Bekerja Keras

Manfaat lain dari beriman kepada takdir Allah yakni bisa memacu seseorang untuk terus optimis dan bekerja keras dalam hidupnya. Karena ia tahu, semua yang datang tidaklah kebetulan. 

Melainkan harus diusahakan. Mengingat keberuntungan itu diciptakan dengan tindakan yang mendukung. Sehingga terjadilah perubahan dalam hidupnya. 

7. Bisa Mendekatkan Diri kepada Allah

Pernah mendapatkan soal Sebutkan 4 keutamaan beriman kepada qadha dan qadar? Nah jafarull menyebutkan tujuh manfaatnya, dan yang terakhir ini yakni bisa mendekatkan diri kepada Allah. 

Karena orang yang beriman pada takdir, pasti akan selalu ingat dengan Allah. Ia akan menggantungkan diri kepada sang Pencipta. 

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, apakah manfaat beriman kepada takdir Allah SWT? Ada tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan. manfaat ini bisa didapat jika kita terapkan dengan benar dan serius. 

Demikian penjelasan jafarull, semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk belajar serta share ke teman-teman kamu ok. 

Post a Comment for "Apakah Manfaat Beriman Kepada Takdir Allah Swt? Berikut Penjelasannya! "