Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Apakah Teks Anekdot Bersifat Nyata? Begini Penjelasannya!

 

Apakah Teks Anekdot Bersifat Nyata
Apakah Teks Anekdot Bersifat Nyata

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull.com akan membahas mengenai pertanyaan apakah teks anekdot bersifat nyata. Banyak yang mempertanyakan hal tersebut. Sehingga bahasan ini sepertinya cukup menarik untuk diangkat. 

Perlu diketahui, teks anekdot merupakan teks singkat yang lucu, menghibur, dan biasanya digunakan untuk menyindir seseorang maupun kebijakan. Teks ini biasanya dipelajari di kelas 10 SMA dan menjadi materi sastra.

Baca Juga: Topik dalam teks anekdot

Mengapa sastra? Karena inti dari anekdot sendiri yakni sebagai sarana kritik dan penyampaian pesan. Walaupun dibalut dengan jalan cerita yang sangat lucu dan menggelitik perut. 

Oh iya, di dalam teks anekdot selalu mengandung pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Teks ini juga digunakan sebagai bahan hiburan bagi masyarakat. 

Apakah Teks Anekdot Bersifat Nyata? 

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa sumber referensi atau inspirasi dari teks anekdot berasal dari kejadian nyata. Misalnya ada kejadian kebakaran hutan, maka kebakaran tersebut bisa dijadikan sebagai topik dalam teks anekdot. 

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

Meskipun inspirasinya berasal dari dunia nyata. Tetapi cerita teks anekdot bisa dikarang sendiri oleh penulis, mulai dari tokohnya, setting tempat, hingga alurnya. Bahkan kejadian inti yang memang ada di dunia nyata juga bisa sedikit dikarang. Sehingga teks anekdot menjadi lebih menarik. 

Misal, inspirasi teks anekdot dari korupsi bansos (kejadian nyata), tetapi penulis bisa menceritakannya dengan plesetan di negeri X, tokoh X, dan alur yang berbeda dari kejadian nyata. 

Baca Juga: Persamaan humor dengan anekdot

Misalnya lagi tentang pandemi covid-19 (kejadian nyata), penulis bisa mengarang cerita bahwa pandemi covid melanda di negeri bernama Zeerah. Kemudian menelan korban hingga ratusan ribu, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Teks Anekdot di Lingkungan rumah

Jadi apakah anekdot ini bersifat nyata? Jafarull bisa mengatakan, secara inspirasi iya nyata. Tetapi secara alur cerita dan jalan cerita tidak nyata (ada campur tangan imajinasi penulis).  

Penutup

Demikian pembahasan jafarull mengenai apakah teks anekdot bersifat nyata? Sudah terjawab bukan mengenai pertanyaan tersebut? Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat ya. 

Jangan lupa untuk terus belajar untuk menggapai impian. Jangan lupa juga untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok. 

Post a Comment for "Apakah Teks Anekdot Bersifat Nyata? Begini Penjelasannya!"