Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Ciri-ciri Kalimat Penegas Beserta Contohnya di Dalam Paragraf!

Ciri-ciri Kalimat Penegas
Ciri-ciri Kalimat Penegas

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull.com akan membahas mengenai ciri-ciri kalimat penegas dan contohnya. Banyak yang masih bingung mengenai kalimat penegas. 

Karena kalimat ini tidak ada di dalam pembagian jenis-jenis kalimat. Yap, kalimat penegas hanya digunakan untuk menegaskan suatu topik di dalam paragraf. 

Fungsi kalimat penegas tentunya untuk menegaskan topik pembahasan yang dibicarakan di dalam paragraf. Selain itu, kalimat penegas juga mengulang kembali inti dari topik yang dibicarakan. 

Baca Juga:  Contoh Kalimat penegas dan penjelasannya

Tak hanya itu, fungsi kalimat penegas juga dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi pembaca. Karena dengan adanya kalimat penegasan, suatu paragraf menjadi lebih bermakna.

Lantas seperti apa sih ciri-ciri kalimat penegas? Berikut pemaparan Jafarull.com sajikan untuk kalian semua. 

Ciri-ciri Kalimat Penegas

Ada beberapa ciri dari kalimat penegas, diantaranya yakni sebagai berikut. 

1. Biasanya berada di akhir paragraf

Kalimat penegas sering kali berada di akhir paragraf pada sebuah teks. Hal ini karena untuk menegaskan kembali isi topik teks tersebut, maka perlu ditegaskan dengan kalimat. 

Untuk jumlahnya, tergantung dari teks tersebut. Kadang ada sebuah teks yang hanya memiliki satu kalimat penegas dan ada juga yang memiliki dua kalimat penegas. 

2. Memiliki isi kalimat yang hampir sama dengan kalimat utama. 

Karena sifatnya untuk menegaskan topik pada sebuah teks, maka isi dari kalimat penegas hampir sama dengan kalimat utama. 

Baca juga: Kalimat penegas adalah? Berikut penjelasan beserta contohnya

Misalnya saja kalimat utama berbicara mengenai nanas madu, kemudian kalimat penjelasannya bercerita tentang jenis dan rasa nanas madu, maka pada kalimat penegasnya akan berisi mengenai nanas madu. 

3. Menonjol dalam sebuah paragraf

Penegasan di dalam teks dimaksudkan agar pembaca bisa lebih tahu mengenai bagian penting teks tersebut. Oleh karena itu, biasanya akan sangat menonjol. 

Kalimat penegas ini bisa menonjol karena berisi informasi pokok pembahasan teks tersebut.

Contoh kalimat penegas

Dari pada kalian makin bingung, lebih baik mari simak contoh dari kalimat penegas. Jafarull.com akan memberikan contoh di dalam sebuah paragraf. Jafarull membagikan contoh penegasan dengan topik manfaat nanas madu. 

Nanas madu memiliki berbagai manfaat untuk tubuh manusia (1). Buah yang satu ini bisa menjaga kesehatan jantung (2). Banyak yang mempercayai dengan mengonsumsi nanas madu, maka tubuh akan lebih sehat (3). Pencernaan kita juga lebih baik, mengingat nanas madu memiliki serat yang amat banyak (4). Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi buah nanas madu, karena manfaat nanas madu untuk kesehatan sangat banyak (5).

Penjelasan

Kalimat utama pada paragraf di atas ditunjukkan dengan nomor (1). Kemudian kalimat penjelasannya ditunjukkan dengan nomor (2) hingga (4). Sedangkan nomor (5) merupakan kalimat penegas. 

Nomor 5 menjadi kalimat penegas karena berisi informasi mengenai manfaat nanas madu. Jadi topik pada paragraf di atas mengenai manfaat nanas madu, dijelaskan kembali di akhir kalimat dengan menggunakan kalimat penegas. 

Penutup

Demikian pembahasan jafarull.com mengenai ciri-ciri kalimat penegas beserta contohnya. Semoga dengan ulasan ini kamu bisa lebih paham mengenai kalimat penegas ya. 

Jangan lupa belajar di rumah serta manfaatkan waktu dengan baik untuk terus meningkatkan skill. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya. 

Post a Comment for "Ciri-ciri Kalimat Penegas Beserta Contohnya di Dalam Paragraf!"