Contoh Teks Anekdot Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Dalam Kehidupan Sehari Hari
Contoh Teks Anekdot Dalam Kehidupan Sehari Hari

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull.com akan menyajikan contoh teks anekdot dalam kehidupan sehari hari. Contoh berikut ini mungkin bisa menambah referensi bagi kamu. 

Sebelum masuk ke contoh, kamu masih ingat apa tidak, apa itu teks anekdot? Nah teks anekdot adalah teks yang singkat, lucu, menggelitik, dan penuh dengan makna. Pada teks anekdot, selalu ada amanat atau pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. 

Baca Juga: Ciri-ciri teks anekdot

Tujuannya agar pembaca bukan hanya terhibur, melainkan juga bisa mengambil sebuah pelajaran dari teks yang ada. Dengan demikian, teks tersebut menjadi teks yang sempurna. 

Contoh Teks Anekdot Dalam Kehidupan Sehari Hari

Perlu jafarull ingatkan kembali, di dalam teks anekdot, ada struktur yang harus ada. Struktur tersebut yakni abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Jadi pastikan ketika kamu membuat teks anekdot, selalu dibarengi dengan struktur ini ya. 

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

Oh iya, jafarull akan memberikan contoh teks anekdot tentang kehidupan sosial atau lingkungan sosial. Jadi akan ada beberapa tokoh yang terlibat di dalamnya. Seperti apa sih? Mari simak contohnya berikut ini. 

Abstrak Teks Anekdot

Suatu hari di kompleks perumahan, Riyan sedang menunggu Sari dan Siska datang. Mereka akan belajar kelompok bersama di rumah Riyan. Sebenarnya Riyan ini malas untuk kerja kelompok, karena yang mengerjakan hanya itu-itu saja. 

Baca Juga: Topik dalam teks anekdot

Tak lama berselang, Sari dan Siska datang. Riyan langsung menyambut mereka berdua dan mempersilahkan untuk masuk ke rumah. Tiba-tiba...

Orientasi Teks Anekdot

Ibu Riyan: Loh Riyan, Kamu punya pacar banyak amat?!

Riyan: Aduh ibuk, ini itu temen Riyan, bukan pacar.

Siska: Hehe iya tante, kami hanya berteman kok. Tapi kalau jadi pacar beneran ya Sisa siap kok (sedikit bercanda). 

Baca Juga: Analisis Teks Anekdot Kuli dan Kiyai

Sari: Huuu dasarr!!

Ibu Riyan: Kamu bisa saja. Silahkan masuk, mau belajar kelompok kan ya? 

Siska: Iya tante kami mau belajar kelompok, terima kasih. 

Mereka kemudian belajar kelompok di rumah Riyan. Ibu Riyan juga membawakan minum dan cemilan untuk mereka. Sehingga mereka bisa belajar sembari menikmati makanan yang disuguhkan. 

Krisis Teks Anekdot

Siska: Eh yan, minta ini yah (sembari mengambil buah jeruk yang ada di depan meja. 

Riyan: Iya silahkan.. Ehh, ini kalau jawabannya kayak gini bagaimana? 

Sari: menurut aku itu, oke. Cuma perlu penambahan ini bagian ini yan.

Siska: Aku ngikut aja lah! 

Riyan: Ohhh ya sudah, kita tambahin ya..

Baca Juga: Perbedaan Teks Humor dengan Anekdot

Sari: Cuusss coba..!! 

Riyan: Nahh gini hasilnya! 

Sari: Nah iya itu sudah bagus tuh.

Siska: Waah iya keren. 

Riyan terus fokus untuk mengerjakan soal-soal yang ada. Sementara Siska sibuk makan sembari mainan hp. Sari sebenarnya rajin, hanya saja fokusnya terbagi untuk makan dan tugas. 

Riyan: uuhhh capeknya..!! 

Siska: Iya nih, cape banget!

Sari: Ah apaan, kamu ga ikut kerja Sis.

Siska: Ya sudah, sini aku kerjain. 

Riyan: Ngerjain apa? 

Baca Juga: Teks Anekdot di Lingkungan rumah

Siska: Tugas itu lah. 

Sari: Udah selesai tau.

Siska: Hah serius? Kok cepet banget? 

Riyan: Lah emang harus lama? 

Siska: Ya engga si,, ya udah sini bagian terakhir biar aku yang ngerjain. 

Sari: Udah selesai semua Sis. 

Siska: Belum, kan belum dikasih nama kelompok dan nama anggota, hehe.

Reaksi Teks Anekdot

"Huuuuufffftttt" Sari dan Riyan menghela nafas dalam-dalam. 

Riyan: Iye dah, serah elu! 

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Belajar Online

Sari: Enak bed dah! 

Siska: Hehehe.. Taaraaaa sudah jadi nih.

Koda Teks Anekdot

Setelah tugas terselesaikan, mereka bertiga kemudian lanjut ngobrol dan makan-makan. Hingga akhirnya matahari mulai meredup. Sari dan Siska kemudian pulang dan pamit ke Ibu Riyan. 

Penutup

Demikianlah contoh teks anekdot dalam kehidupan sehari hari yang dapat jafarull sampaikan. Contoh di atas bisa menjadi rujukan untuk kamu yang tengah bingung membuat teks anekdot. 

Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk terus belajar agar bisa mencapai cita-cita ya. Jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kalian jika artikel ini bermanfaat oke.  


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url