Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jelaskan Pengertian Teks Anekdot! Begini Jawabannya Secara Lengkap!

Jelaskan Pengertian Teks Anekdot
Jelaskan Pengertian Teks Anekdot

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan menjelaskan pengertian teks anekdot untuk kalian semua. Kamu bisa lebih memahami teks anekdot dengan mengikuti materi dari jafarull berikut. 

Perlu diketahui, teks anekdot biasanya dipelajari di kelas 10 SMA atau SMK. Teks ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu, saat masih di bangku SMP, mungkin kamu juga pernah mendapatkan materi yang bersinggungan dengan teks anekdot. 

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

Hanya saja pada saat SMP belum dikupas secara mendetail. Sehingga pada kelas 10 SMA kamu baru mendapatkan materi teks anekdot secara lengkap. Materi ini tergolong dalam materi sastra. 

Baca Juga: Topik dalam teks anekdot

Karena teks ini akan lebih menonjolkan cerita. Sehingga tergolong dalam materi sastra. Nah untuk mengulas mengenai teks anekdot, simak pemaparan jafarull berikut ini. 

Jelaskan Pengertian Teks Anekdot

Kalian tahu tidak sih, apa itu teks anekdot? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks anekdot adalah cerita yang singkat, menarik, lucu, dan mengesankan. Teks anekdot biasanya bercerita mengenai orang-orang tertentu dan peristiwa nyata. 

Sementara menurut Kemenbud pengertian Teks Anekdot adalah teks yang singkat, menarik, lucu, dan mengesankan yang isinya berupa kritik atau sindiran terhadap kebijakan, layanan publik, perilaku penguasa, atau suatu fenomena/kejadian.  

Baca Juga: Persamaan Teks Humor dan Teks Anekdot

Dari dua pendapat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian Teks anekdot adalah teks yang singkat, lucu, menarik, tetapi menggelitik, biasanya dijadikan sebagai bahan sindiran untuk pejabat publik maupun peristiwa nyata yang ada di sekitar. 

Baca Juga: Teks Anekdot di Lingkungan rumah

Teks anekdot juga dijadikan sebagai bahan untuk menyindir seseorang, peristiwa, hingga kejadian yang ada di sekitar. Walaupun menyindir, tetapi sindiran tersebut tidak akan menyinggung karena dibalut dengan humor yang menambah gelak tawa. 

Penutup

Demikianlah pemaparan jafarull mengenai jelaskan pengertian teks anekdot. Sekarang sudah paham kan teks anekdot itu apa. Jika masih kurang paham, kamu bisa membaca contoh-contoh yang telah jafarull bagikan di website ini. 

Semoga apa yang jafarull sampaikan kali ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa untuk terus belajar dan tetap semangat untuk meraih impian. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman kalian ok. 

Post a Comment for "Jelaskan Pengertian Teks Anekdot! Begini Jawabannya Secara Lengkap!"