Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jelaskan Perbedaan Cerita Lucu Atau Humor Dengan Teks Anekdot

Jelaskan Perbedaan Cerita Lucu Atau Humor Dengan Teks Anekdot
Jelaskan Perbedaan Cerita Lucu Atau Humor Dengan Teks Anekdot

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan menjawab soal mengenai jelaskan perbedaan cerita lucu atau humor dengan teks anekdot. Jafarull akan ungkap perbedaan ini secara mendetail agar lebih mudah untuk dipahami. 

Teks anekdot memang menjadi teks yang lucu, singkat, tetapi memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Makna inilah yang nantinya akan didapatkan oleh pembaca. Banyak yang menganggap bahwa teks anekdot dan teks humor itu sama. 

Baca Juga: Ciri-ciri teks anekdot

Padahal keduanya merupakan jenis teks yang berbeda. Lantas seperti apa jelaskan perbedaan cerita lucu atau humor dengan teks anekdot? Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan jafarull berikut ini. 

Jelaskan Perbedaan Cerita Lucu Atau Humor Dengan Teks Anekdot?

Jafarull.com telah merangkum lima perbedaan dari kedua teks ini. Perbedaan ini didasari oleh analisis pribadi dan literasi yang telah dibaca. Jika kamu menemukan perbedaan lain, jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar ya. 

1. Ide cerita 

Ide cerita pada teks anekdot umumnya berasal dari peristiwa nyata. Misalnya saja peristiwa mengenai gunung Merapi erupsi, banjir di Bogor, hingga korupsi bansos covid, bisa menjadi ide cerita teks anekdot. 

Baca Juga: Persamaan Teks Humor dan Teks Anekdot

Sementara ide cerita teks humor berasal dari khayalan penulis. Ide ini murni imajinasi penulis sehingga isi cerita teks humor tidak nyata. Oleh karena itu, teks ini hanya dijadikan sebagai hiburan saja. 

2. Isi

Kalau kita lihat dari bagian isi, teks anekdot umumnya berisi mengenai masalah politik, kesehatan, hingga kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Isi teks anekdot lebih mengena dan lebih spesifik. 

Sedangkan teks humor berisi mengenai masalah umum yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti masalah hubungan dengan orang lain (sosial), hubungan antar teman, dan lain sebagainya. 

3. Tujuan atau Fungsi

Tujuan teks anekdot bukan hanya sebagai sarana hiburan semata. Melainkan juga sebagai sarana kritik dan penyampaian pesan terhadap peristiwa tertentu. 

Baca Juga: Persamaan humor dengan anekdot

Sementara teks humor hanya bertujuan untuk guyonan dan hiburan saja. Tujuan akhir dari teks humor yaitu bisa membuat pembaca tertawa saat membacanya. 

4. Bentuk dan struktur

Setiap teks pasti memiliki bentuk dan struktur tersendiri. Pada teks anekdot memiliki struktur yang terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Baca Juga: Cerita Teks Anekdot biasanya diangkat berdasarkan apa?

Sedangkan pada teks humor tidak ada aturan khusus mengenai pembuatan teks tersebut. Karena tujuannya hanya hiburan semata, sehingga bisa dibuat oleh siapapun tanpa harus terpaku pada sebuah aturan. 

Penutup

Demikian pemaparan jafarull mengenai jelaskan perbedaan cerita lucu atau humor dengan teks anekdot. Sudah terjawab kan pertanyaan yang kamu tanyakan? Ternyata ada empat perbedaan yang sangat mencolok.

Baca Juga: Teks Anekdot Ruang Guru

Semoga pemaparan jafarull kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk terus belajar agar dapat meraih cita-cita. Jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Jelaskan Perbedaan Cerita Lucu Atau Humor Dengan Teks Anekdot"