Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Persamaan dan Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor Beserta Contohnya!

Persamaan dan Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor Beserta Contohnya!
Persamaan dan Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor Beserta Contohnya!

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull.com akan membahas mengenai persamaan dan perbedaan teks anekdot dan humor. Banyak yang masih bingung mengenai kedua teks ini. Karena keduanya sama-sama memiliki sifat lucu. 

Eitss, meski sama-sama lucu, tetapi keduanya sangat berbeda loh. Teks anekdot adalah teks yang singkat, lucu, menggelitik, dan memiliki pesan yang hendak disampaikan oleh penulis. 

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

Sedangkan Teks humor adalah teks yang singkat, lucu, dan hanya digunakan sebagai bahan hiburan saja. Jika kamu masih bingung, lebih baik simak beberapa persamaan dan perbedaan teks anekdot dengan teks humor berikut.

Persamaan Teks Anekdot Dan Humor

Seperti yang telah disinggung di atas, persamaan dari kedua teks ini terletak pada kelucuan ceritanya dan bisa menjadi hiburan untuk masyarakat. 

Selain itu, persamaan dari kedua teks ini yaitu ceritanya yang singkat. Karena sifatnya sebagai hiburan, maka kedua teks tersebut lebih singkat ketimbang cerpen. 

Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor

Berdasarkan literasi yang jafarull.com baca, ada beberapa perbedaan dari teks anekdot dan teks humor. Apa saja sih? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

1. Ide cerita 

Ide cerita teks anekdot berasal dari kejadian nyata. Misalnya peristiwa gunung Semeru erupsi, banjir di Jakarta, hingga korupsi bansos, bisa menjadi ide cerita teks anekdot. 

Baca Juga: Ciri-ciri teks anekdot

Sementara teks humor mengambil ide cerita dari khayalan penulis. Isi cerita dalam teks humor tidak nyata, karenanya hanya dijadikan sebagai hiburan saja. 

2. Isi

Dari segi isi, teks anekdot biasanya berisi mengenai masalah politik, kesehatan, hingga kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Isi teks anekdot biasanya lebih mengena dan lebih spesifik. 

Sedangkan teks humor berisi mengenai masalah umum yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja seperti masalah pertemanan, hubungan antar tetangga, dan lain sebagainya. 

3. Tujuan atau Fungsi

Tujuan dari teks anekdot tidak hanya sebagai sarana hiburan. Tetapi juga sebagai sarana kritik dan penyampaian pesan terhadap peristiwa tersebut. 

Baca Juga: Analisis Teks Anekdot Kuli dan Kiyai

Sedangkan teks humor hanya bertujuan untuk candaan dan hiburan saja. Tujuan akhir dari teks humor yakni bisa membuat pembaca tertawa ketika membacanya. 

4. Bentuk dan struktur

Setiap teks tentunya memiliki bentuk dan struktur tersendiri. Pada teks anekdot memiliki struktur yang terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Sementara teks humor tidak ada aturan khusus mengenai teks tersebut. Karena memang tujuannya hanya hiburan jadi bisa dibuat oleh siapa saja. 

Contoh Teks Anekdot Dan Humor

Untuk lebih memahami mengenai perbedaan teks anekdot dan humor, mari simak contohnya yang telah jafarull siapkan berikut ini. 

Contoh Teks Anekdot Tentang Covid-19

Pada suatu hari, pak Jordi mempersiapkan keberangkatan menuju Jakarta. Pak Jordi lupa bahwa saat ini masih dalam PPKM Level 3. Penerbangan antar kota juga ditiadakan. 

Istri Pak Jordi: Loh bapa mau kemana? 

Pak Jordi: Berangkat ke Jakarta ma, ada rapat Besok jam 10 pagi. 

Istri Pak Jordi: Memangnya boleh keluar kota ya? 

Pak Jordi: Lah emang tidak boleh sama siapa? 

Istri Pak Jordi: Kan sekarang Jakarta PPKM Level 3. Semua pendatang dilarang masuk ke Jakarta.  

Pak Jordi: Wahuuh iya, aku lupa.

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Korupsi Bansos

Anak Pak Jordi: Udah tua ya pah, mangkanya jadi pelupa, ehehe.

Pak Jordi: Sembarangan kamu huuuu

Istri Pak Jordi: Trus gimana mau berangkat? 

Pak Jordi: Ah ga jadi lah. Nanti aku meeting lewat zoom aja. 

Pak Jordi kemudian masuk ke dalam rumah bersama anak dan istrinya. Mereka menghabiskan waktu bersama untuk mengakrabkan hubungan. 

Contoh Teks Humor tentang Pendidikan

Disclaimer, mohon jangan ditiru ya teman-teman. Karena sedikit kurang sopan untuk cerita humor ini. Ya namanya saja cerita, anggap saja sebagai hiburan. 

Guru: Anak-anak, hari ini kita akan belajar mengenai nama-nama hewan. Kalian pernah lihat hewan apa saja hayo? 

Siswa: Hewan yang seperti apa bu? 

Baca Juga: Teks Anekdot Menyindir Guru

Guru: Hewan yang kamu lihat apa? 

Siswa: Lah iya saya tidak melihat hewan bu, kenapa mapah ibu nyari hewan? 

Guru: Ihh kamu ini ya. 

Penutup

Demikianlah pembahasan jafarull.com mengenai persamaan dan perbedaan teks anekdot dan humor. Sekarang sudah tahu kan apa saja perbedaannya? Semoga apa yang jafarull sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Post a Comment for "Persamaan dan Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor Beserta Contohnya!"