salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah

salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah
salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah
Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan membahas mengenai soal salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah. Pertanyaan ini sering muncul di latihan soal bahasa Indonesia. 

Perlu diketahui, teks prosedur merupakan teks yang menjelaskan sesuatu dari awal hingga akhir secara runtut. Teks ini akan memaparkan proses menggunakan sesuatu atau cara melakukan sesuatu. 

Karena teks prosedur berupa tahapan, umumnya kalimat yang sering digunakan adalah kalimat perintah. Lantas salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah? Yuk simak jawabannya melalui pemaparan jafarull berikut ini. 

Salah Satu Media Yang Dapat Digunakan Dalam Mempresentasikan Teks Prosedur Ialah?

Perlu diketahui, jafarull memaparkan beberapa media yang memang biasa digunakan untuk teks prosedur. Jika kamu menemukan media lain, kamu bisa menambahkannya melalui kolom komentar di bawah ya. 

1. Media Cetak

Media cetak bisa untuk mempresentasikan teks prosedur. Biasanya media cetak ini akan ada gambar yang cukup menarik. Gambar ini bisa membuat pembaca lebih memahami maksud dan tata cara melakukan sesuatu. 

Selain gambar, tahapan berupa teks juga terdapat pada media cetak ini. Biasanya teks ini akan dipasang pada poster untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja di ATM, di situ biasanya ada poster atau petunjuk menggunakan ATM. 

Kemudian ada lagi di sekolah-sekolah yang berupa petunjuk untuk mencuci tangan. Poster ini dicetak menggunakan kertas berwarna sehingga lebih menarik untuk dibaca dan dipraktekkan. 

2. Media Sosial 

Siapa sangka, media sosial juga bisa menjadi media untuk mempresentasikan teks prosedur. Pengguna media sosial biasanya memberikan tips dan tutorial untuk kehidupan sehari-hari. Nah tips dan tutorial inilah yang jadi prosedur teks. 

3. Media Audio Visual

Terakhir, ada media audio visual. Media ini sangat ampuh untuk mempresentasikan teks prosedur. Karena kita hanya perlu menampilan video yang berupa langkah-langkah melakukan sesuatu. 

Audio visual bisa membuat pendengar atau pembaca lebih tertarik untuk menyimaknya. Karena ada gambar yang bergerak serta audio yang memandu. Jadi lebih enak dan mudah untuk dipahami. 

Penutup

Demikianlah ulasan jafarull soal salah satu media yang dapat digunakan dalam mempresentasikan teks prosedur ialah. Sudah terjawab atau belum terkait media untuk teks prosedur ini? Kalau belum, baca lagi agar lebih paham ya.

Semoga artikel dari jafarull ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian ya. Agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url