Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sebutkan Manfaat Dari Keanekaragaman Makhluk Hidup Beserta Contohnya!

sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup
sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup
Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan membahas mengenai sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup. Jafarull juga akan memberikan contohnya untuk kalian semua agar bisa lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Materi keanekaragaman makhluk hidup merupakan materi Ilmu Pengetahuan Alam, lebih tepatnya materi Biologi yang dipelajari di kelas 10 SMA sederajat. Materi ini cukup menarik untuk dibahas. Karena bisa memberikan pengetahuan kepada kita. 

Sebelum masuk ke materi, kamu tahu tidak, apa yang dimaksud dengan keanekaragaman makhluk hidup? Keanekaragaman makhluk hidup adalah banyaknya makhluk hidup yang tinggal di bumi dan memiliki keterkaitan satu sama lain. 

Setiap makhluk di dunia ini selalu terkait dan terkadang memberikan manfaat bagi ekosistem di bumi. Jika kamu mendapatkan pertanyaan sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup, kamu bisa menjawabnya dengan membaca artikel jafarull secara lengkap berikut ini. 

Sebutkan Manfaat Dari Keanekaragaman Makhluk Hidup

Perlu diketahui, jafarull hanya membagikan beberapa manfaat saja. Jika kamu memili atau menemukan manfaat yang lain, silahkan ditambahkan di kolom komentar ya. 

1. Sebagai Sumber Kehidupan

Sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup yang pertama yakni sebagai sumber kehidupan. Adanya makhluk hidup di bumi ini akan saling menguntungkan untuk setiap makhluk. 

Karena dalam kehidupan ini, bisa memanfaatkan makhluk hidup lain sebagai sumber kehidupan. Misalnya saja, singa yang memanfaatkan rusa sebagai makanan dan sumber kehidupan. Sedangkan rusa memanfaatkan tumbuhan untuk bertahan hidup. 

2. Sebagai Sumber Ekonomi

Banyaknya makhluk hidup tentunya bisa menjadi sumber perekonomian bagi manusia. Karena manusia bisa memanfaatkan binatang ternak dan tumbuhan untuk dijual dan dimakan. 

Bahkan manusia juga bisa memanfaatkan sumber daya alam yang telah diberikan oleh tuhan. Dengan begitu, perekonomian di bumi ini bisa terus berjalan.

3. Sebagai Penyeimbang Ekosistem 

Sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup yang berikutnya yakni menjadi penyeimbang ekosistem. Jika suatu ekosistem terlalu over populasi, maka bisa menjadi bencana bagi kehidupan sekitar. 

Misalnya saja, populasi tikus lebih besar ketimbang kucing liar dan ular. Tentunya tikus tersebut akan merusak tanaman dan akan menggangu manusia. Oleh karena itu, adanya keanekaragaman makhluk hidup bisa menjadi penyeimbang ekosistem. 

4. Sebagai Pencegahan dari Bencana

Apa jadinya jika tidak ada hutan bakau? Pastinya ombak akan langsung menyapu daratan. Ombak yang datang bisa saja langsung meratakan dan memporak-porandakan daratan. 

Oleh karena itu, dengan adanya keanekaragaman makhluk hidup ini, bisa menjadi pencegahan terhadap bahaya yang terus mengintai. 

5. Sebagai Sumber Kemajuan Ilmu Pengetahuan

Sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup yakni sebagai sumber kemajuan ilmu pengetahuan. Karena dengan adanya makhluk hidup yang beragam, memungkinkan manusia untuk terus belajar tentang makhluk tersebut. Sehingga nantinya ilmu pengetahuan menjadi lebih maju dan berkembang. 

6. Sebagai Obat 

Ada sejumlah tanaman yang dijadikan sebagai obat untuk manusia. Obat ini dikenal dengan nama obat herbal. Karena terbuat dari bahan-bahan alami dan memanfaatkan tumbuhan alami. Misalnya saja tanaman jahe yang dapat mengobati batuk serta meriang. 

7. Sebagai Sandang

Bagi manusia, keanekaragaman tentu bisa sangat bermanfaat untuk sandang. Karena manusia bisa memanfaatkan kulit binatang sebagai bahan baku baju. Selain itu, manusia juga bisa memanfaatkan tanaman serat untuk dijadikan sebagai sandang sehari-hari. 

8. Sebagai Pangan

Sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup yang kedelapan yakni sebagai sumber pangan bagi manusia. Ada banyak sekali tumbuhan dan hewan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Misalnya saja seperti padi, pisang, ayam, sapi, dan lain sebagainya.

Contoh keanekaragaman makhluk hidup

Sebenarnya untuk keanekaragaman ini dibagi menjadi beberapa cabang. Misalnya saja keanekaragaman dari tingkat gen, spesies, hingga ekosistem. Pada tingkat gen misalnya seperti buah pisang yang memiliki aneka ragam jenis seperti pisang ambon, pisang gepok, pisang susu, pisang emas, dan lain sebagainya. 

Pada tingkat gen hewan misalnya kucing yang memiliki cabang kucing hutan, kucing anggora, kucing persia, dan lain-lain. Pada tingkat spesies ada dua yakni family dan genus.

Sedangkan pada tingkat ekosistem ada ekosistem gurun, pantai, laut, hutan, dan lain sebagainya. 

Penutup

Demikianlah pembahasan jafarull mengenai sebutkan manfaat dari keanekaragaman makhluk hidup. Ternyata banyak sekali manfaat dari keragaman yang ada di muka bumi ini. Kita juga telah melihat langsung contoh yang ada. 

Semoga artikel dari jafarull ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk terus belajar dan Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok. 

Post a Comment for "Sebutkan Manfaat Dari Keanekaragaman Makhluk Hidup Beserta Contohnya! "