Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Sebutkan Tujuan Dibuatnya Teks Anekdot? Begini Jawabannya!

Sebutkan Tujuan Dibuatnya Teks Anekdot
Sebutkan Tujuan Dibuatnya Teks Anekdot

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini jafarull.com akan membahas mengenai pertanyaan sebutkan tujuan dibuatnya teks anekdot. Jangan khawatir kami akan mengulasnya secara lengkap untuk kalian semua. 

Teks anekdot adalah teks yang lucu, pendek, singkat, dan biasanya digunakan untuk menyindir seseorang ataupun peristiwa. Teks anekdot hampir memiliki kesamaan dengan teks lucu. Hanya saja, teks ini lebih singkat dan mengangkat peristiwa dari kejadian nyata.  

Baca Juga: Apa Teks Anekdot Bersifat Nyata?

Apa fungsi dan tujuan teks anekdot? Jafarull.com telah merangkum empat fungsi dan tujuan dari teks anekdot. Kira-kira apa saja sih? Mari simak penjelasan berikut ini. 

Sebutkan Tujuan Dibuatnya Teks Anekdot

Perlu diketahui, jafarull merangkum tujuan ini berdasarkan materi yang telah dibaca. Jika kamu menemukan tujuan lain, kamu bisa menambahkannya. 

1. Sebagai Sarana Hiburan

Tujuan teks anekdot berdasarkan tujuan yakni sebagai sarana hiburan. Tidak dapat dipungkiri bahwa teks anekdot selalu mengundang tawa. Oleh karena itu, biasanya digunakan sebagai sarana hiburan. 

Baca Juga: Topik dalam teks anekdot

Teks anekdot selalu menampilkan kejadian lucu yang bisa mengundang tawa. Oleh karenanya teks ini selalu dijadikan bahan hiburan saat berkumpul bersama dengan tetangga.

2. Sebagai Pengundang Tawa

Sebutkan 2 tujuan dari teks anekdot? Untuk tujuan yang kedua ini yakni sebagai pengundang tawa sehingga pembaca atau pendengar bisa lebih gembira. 

Baca Juga: Analisis Teks Anekdot Kuli dan Kiyai

Decak tawa ini disebabkan karena tokoh, alur cerita, dan lain sebagainya yang kiranya lucu. Pembaca akan tertawa dan terhibur saat membaca teks anekdot ini. 

3. Untuk Menyindir Seorang Tokoh 

Sebutkan tujuan dibuatnya teks anekdot? Nah tujuan dari teks anekdot salah satunya yakni untuk menyindir seorang tokoh masyarakat, pejabat, orang penting, dan lain sebagainya. 

Namun disampaikan dalam bentuk gurauan sehingga meminimalisir orang tersinggung. Sindiran inu juga bisa dalam tertera secara langsung atau bahkan tidak tertera di dalam teks (kamu harus membacanya).

4. Untuk Mengkritisi Suatu Peristiwa

Selain untuk menyindir seseorang, teks anekdot juga digunakan untuk mengkritik suatu peristiwa dan kebijakan. Peristiwa ini bisa fenomena yang sedang terjadi atau bahkan kebijakan yang dibuat oleh pejabat. Biasanya akan menyinggung kinerja dari pejabat atau orang yang dianggap bersinggungan dengan peristiwa 

Penutup

Demikian pemaparan Jafarull.com mengenai pertanyaan sebutkan tujuan dibuatnya teks anekdot. Sudah paham atau belum nih? Kita sudah belajar mengenai tujuan dari teks anekdot ini. Semoga apa yang jafarull sampaikan bisa lebih bermanfaat ya. 

Post a Comment for "Sebutkan Tujuan Dibuatnya Teks Anekdot? Begini Jawabannya!"