Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Teks Deskripsi Tentang Suatu Tempat Pendeskripsiannya Berdasarkan? Simak Juga Contoh Berikut Ini

teks deskripsi tentang suatu tempat pendeskripsiannya berdasarkan
teks deskripsi tentang suatu tempat pendeskripsiannya berdasarkan

Jafarull.com - Tahukah kamu teks deskripsi tentang suatu tempat pendeskripsiannya berdasarkan apa? Jangan khawatir sobat, karena jafarull akan menjelaskannya untuk kamu. Jafarull juga akan memaparkan contohnya agar bisa lebih mudah untuk dipahami. 

Teks deskripsi merupakan teks yang menceritakan atau menggambarkan sesuatu dengan rinci. Sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan apa yang sedang dideskripsikan. 

Saat kamu mendeskripsikan suatu objek, kamu harus menjelaskannya secara detail. Mulai dari asal, bentuk, karakteristik, dan lain sebagainya. Dengan begitu, teks deskripsi yang kamu buat bisa menjadi lebih sempurna dan baik untuk dibaca.

Teks Deskripsi Tentang Suatu Tempat Pendeskripsiannya Berdasarkan?

Saat kamu mendeskripsikan objek berupa benda, kamu harus mengamati objek tersebut dan menjelaskan detailnya kepada pembaca. Namun ketika kamu mendeskripsikan suatu tempat, maka kamu harus menyertakan perasaan atau panca indera. 

Karena teks deskripsi tentang suatu tempat pendeskripsiannya berdasarkan pada perasaan dan panca indera penulisnya. Hal ini dimaksudkan agar pembaca bisa lebih tahu detail dari tempat tersebut. 

Misalnya saja tempat wisata Pantai, kamu harus menjelaskannya mulai dari warna pasir, warna air laut, tempat istirahat, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pembaca yang belum pernah datang ke tempat tersebut bisa membayangkan suasana pada pantai tersebut. 

Lantas, bagaimana cara memasukkan atau menggunakan panca indera dalam teks deskripsi? Mari simak contoh yang jafarull sajikan berikut ini.

Contoh Teks Deskripsi tentang tempat wisata Pantai Parangtritis

wisata pantai
wisata pantai
Gambaran Umum

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini sering menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Pantai Parangtritis juga menjadi icon dari kota Yogyakarta. Bagi kamu yang ingin berwisata ke pantai ini, kamu harus menempuh jarak 27km dari pusat Kota Yogyakarta. Sedikit jauh memang, tetapi kamu akan dimanjakan dengan pesona alam yang ada.

Deskripsi Bagian

Pantai Parangtritis memiliki pasir yang berwarna gelap. Pasir ini memiliki tekstur yang cukup lembut dan bisa dibentuk menjadi istana pasir kecil. Kamu juga bisa loh bermain bola pantai di sini. Biasanya di bibir pantai, ada keong kecil yang bisa kamu tangkap. 

Ombak pantai Parangtritis cenderung kencang dan deras. Pengunjung pantai tidak diperkenankan untuk berenang. Karena bisa membahayakan keselamatan kamu. Karena ombaknya yang kuat, suara dari angin pantai juga cukup bising. 

Kamu bisa memanfaatkan angin yang bertiup untuk bermain ataupun sekedar berfoto estetik.  

Pantai ini juga menjadi pantai yang pas untuk menikmati sunset. Kamu akan dimanjakan dengan cahaya jingga yang sangat indah. Mata seakan tak mau berpaling dari indahnya matahari terbenam. 

Ada berbagai permainan yang bisa kamu coba, diantaranya yakni berkuda di pantai. Kamu bisa menaiki kuda dari ujung pantai ke ujung lagi. Selain itu, kamu juga bisa mencoba ATV. 

Bahkan untuk menaikkan adrenalin kamu, ada juga permainan paralayang loh. Kamu akan terbang dan menyaksikan keindahan alam pantai Parangtritis. Semua detail pantai akan terlihat dengan jelas.

Bagi kamu yang terlalu lelah setelah seharian penuh berwisata, kamu bisa tuh beristirahat di pondok atau tempat makan. Kamu bisa mencoba olahan makanan hasil laut, mendoan, hingga kelapa muda. Tentunya bisa menambah energi sebelum melanjutkan perjalanan. 

Bagi kamu yang ingin bermalam di pantai Parangtritis, di sana tersedia hotel yang cukup nyaman. Apalagi harganya juga sangat murah, dompet kamu tidak akan jebol ketika berwisata ke pantai Parangtritis.

Simpulan

Pantai Parangtritis memang sangat indah dan eksotis. Pantai ini bak surga dunia yang menyajikan keindahan alam dan kenyamanan saat berkunjung. Apalagi banyak permainan dan daya tarik dari pantai Parangtritis. Tentunya kamu makin dimanjakan dengan segala fasilitas yang ada. 

Pembahasan

Dari contoh teks deskripsi tentang tempat wisata Parangtritis yang telah jafarull sampaikan, ada beberapa unsur penginderaan yang nampak. Diantaranya yakni sebagai berikut. 

Indera penglihatan: ditunjukkan dengan keindahan alam, keindahan sunset, dan lain sebagainya. 

Indera pendengaran: ditunjukkan dengan adanya suara angin yang bertiup kencang di pantai. 

Indera perasa: ditunjukkan dengan perasaan adrenalin yang memuncak. 

Penutup

Demikianlah pembahasan jafarull mengenai teks deskripsi tentang suatu tempat pendeskripsiannya berdasarkan. Kamu sudah tahu mengenai cara pendeskripsian benda dan tempat. Apalagi dengan membaca contoh di atas, kamu makin memahami mengenai materi teks deskripsi ini. 

Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengejar cita-cita. Jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kamu agar mereka tahu apa yang kamu tahu. 

Post a Comment for "Teks Deskripsi Tentang Suatu Tempat Pendeskripsiannya Berdasarkan? Simak Juga Contoh Berikut Ini"