Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Analisis Struktur Teks Anekdot Cara Keledai Membaca Buku

struktur teks anekdot cara keledai membaca buku
struktur teks anekdot cara keledai membaca buku

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan bagikan struktur teks anekdot cara keledai membaca buku. Contoh ini cukup populer dan sangat bagus untuk dibahas. 

Bahkan mungkin, semua guru telah menyajikan Teks Anekdot Cara Keledai Membaca Buku. Bahkan siswa juga sering diperintahkan untuk menganalisis teks ini. Jadi tidak ada salahnya kamu belajar terlebih dahulu di jafarull.com.

Baca Juga: Ciri-ciri teks anekdot

Teks anekdot merupakan teks singkat yang selalu mengandung makna di dalamnya. Teks ini diambil dari kisah nyata dan biasanya digunakan untuk menyindir dan menyampaikan kritik. 

Walaupun untuk mengetahui maknanya, kita harus membaca secara keseluruhan teks anekdot. Karena jika tidak, maka kita tidak akan tahu pesan yang terkandung di dalamnya.

Struktur Teks Anekdot Cara Keledai Membaca Buku

Perlu diketahui, jafarull membagikan contoh teks anekdot ini dengan strukturnya sekaligus. Jadi kamu bisa lebih mudah untuk memahaminya. 

Abstrak Teks Anekdot

Kala itu di istananya, Timur Lenk memberikan hadiah ke Nasruddin Hoja berupa seekor keledai. 

Orientasi Teks Anekdot

Hoja menerimanya dengan senang hati. Lalu Timur Lenk berpesan kepada Hoja,

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

“Ajari keledaimu membaca. Lalu dua minggu mendatang, kembali ke istana ini dan bawa keledaimu untuk kita melihat hasilnya”.

Hoja pamit dan membawa pulang keledainya. Dua minggu kemudian, Hoja kembali ke istana dengan membawa keledainya. Tidak banyak berbicara, Timur Lenk menunjuk buku besar yang berada di atas meja panjang. 

Hoja lalu menggiring keledainya ke buku besar tersebut, lalu membuka sampulnya. 

Krisis Teks Anekdot

Keledai menatap buku tersebut sejenak. Tidak lama kemudian, dia mulai membalik halaman bukunya menggunakan lidahnya. Satu demi satu halaman dibalik hingga ke halaman terakhir. Lalu keledai menatap Hoja.

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Belajar Online

“Demikian paduka, keledai saya bisa membaca buku”, kata Hoja kepada Timur Lenk.

Timur Lenk diam sebentar, lalu berkomentar. “Bagaimana cara kamu mengajari keledai membaca buku?”.

Hoja menerangkan, “Dua minggu yang lalu ketika sampai di rumah, saya menyiapkan lembaran-lembaran kertas hingga menyerupai buku besar. Pada setiap lembaran, saya sisipkan biji-biji gandum. 

Keledai ini perlu belajar membalik halaman lembaran-lembaran kertas satu demi satu biar bisa memakan biji-biji gandumnya yang di balik lembarannya.

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Korupsi Bansos

Demikian terus menerus belajar hingga dua minggu, sehingga dia terlatih untuk membolak-balik halaman dengan benar”.

Reaksi Teks Anekdot

“Tetapi”, Timur Lenk menyela. “Bukannya keledaimu tidak mengerti dengan isi bukunya?”.

Koda Teks Anekdot

Hoja menjawab, “Betul, paduka. Memang seperti ini cara keledai membaca buku. Dia sekedar membolak-balik halaman, tetapi tidak mengerti isi bukunya. Jika kita manusia, membuka-buka halaman buku tetapi tidak mengerti atau tidak ingin mengerti isi bukunya, kita disebut bodoh seperti keledai bukan?”. 

Analisis teks anekdot Cara Keledai Membaca Buku

a. Permasalahan yang diangkat dari teks anekdot di atas adalah? 

Kebiasaan keledai membolak-balikkan buku tanpa tahu isinya.  

Baca Juga: 2 Contoh Teks Anekdot Tentang Vaksin Beserta Strukturnya

b. Unsur humor pada teks anekdot di atas adalah?

Hal yang lucu dari teks anekdot di atas yakni seekor keledai yang dilatih untuk membaca dan bisa membolak-balikkan buku satu persatu.  

c. Apa makna tersirat yang ada pada teks anekdot di atas? 

Mana atau pesan yang hendak disampaikan pada teks anekdot di atas adalah kita membaca buku, hendaknya simak dan pahami maknanya. Saat membaca buku, jangan hanya membolak-balikkan buku saja.

Penutup

Demikianlah pembahasan jafarull mengenai struktur teks anekdot cara keledai membaca buku. Kita jadi lebih tahu mengenai struktur, hingga makna pada teks anekdot tersebut. 

Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk terus belajar agar bisa meraih cita-cita ya. Jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Analisis Struktur Teks Anekdot Cara Keledai Membaca Buku"