Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Berikut Ini yang Tidak Termasuk Peran Masyarakat Luar Negeri Terhadap Kegiatan Ekonomi Indonesia Adalah

 

berikut ini yang tidak termasuk peran masyarakat luar negeri terhadap kegiatan ekonomi indonesia adalah
berikut ini yang tidak termasuk peran masyarakat luar negeri terhadap kegiatan ekonomi indonesia adalah
Jafarull.com - Pada pelajaran PPKN, mungkin kamu pernah mendapati soal berikut ini yang tidak termasuk peran masyarakat luar negeri terhadap kegiatan ekonomi indonesia adalah? 

Soal tersebut mungkin sering kamu dengar atau bahkan mendapatinya di ulangan harian ataupun disaat ujian. Jangan khawatir, karena jafarull akan mengulasnya secara lengkap untuk kalian semua. 

Berikut ini yang tidak termasuk peran masyarakat luar negeri terhadap kegiatan ekonomi indonesia adalah mengatur kebijakan perekonomian, menerima pajak dari RTK dan RTP, hingga mengatur kegiatan perekonomian di Indonesia. 

Beberapa Hal yang Bukan Termasuk Peran Masyarakat Luar Negeri Terhadap Perekonomian

Sebelumnya telah disinggung bahwa ada beberapa kegiatan yang bukan merupakan peranan dari masyarakat luar negeri, diantaranya yakni sebagai berikut. 

1. Penentu Kebijakan Perekonomian

Masyarakat luar negeri tidak bisa membuat kebijakan perekonomian sendiri. Transaksi yang terjadi antar negara ada aturan yang berlaku. Aturan ini dibuat oleh pemerintah dari masing-masing negara. Jadi masyarakat luar negeri sama sekali tidak ikut campur dalam pembuatan kebijakan ekonomi suatu negara.

2. Pengatur Kegiatan Perekonomian

Selain pembuatan kebijakan, dalam pelaksanaannya, masyarakat luar negeri juga tidak dapat mengatur kegiatan perekonomian suatu negara. Karena mereka hanya bertransaksi dan menjalankan kegiatan ekonomi saja. Sehingga mereka tidak dapat mengatur kegiatan ekonomi yang berlangsung. 

3. Menerima Pajak dari RTK dan RTP

Ketika terjadi transaksi, biasanya yang akan menerima pajak adalah negara. Entah negara luar ataupun negara Indonesia. Jadi ketika bertransaksi dibebankan pajak, yang menerima pajak tersebut adalah negara. Masyarakat luar negeri tidak bisa menerima pajak dan tidak berhak menerima pajak. 

Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Perekonomian Indonesia

Ada beberapa peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian, diantaranya yakni sebagai berikut. 

1. Mengimpor Barang dari Indonesia

Letak geografis Indonesia yang merupakan kepulauan membuat sumber dayanya melimpah ruah. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk mengekspor barang ke luar negeri. 

Misalnya saja Indonesia memiliki produksi bulu mata, masyarakat luar siap menampung dan menjualnya kembali. Oleh karena itu, masyarakat luar negeri melakukan import barang. 

2. Mengekspor Barang dari Indonesia

Suatu negara tidak dapat hidup tanpa ada bantuan negara lain. Salah satu yang terasa yakni masyarakat luar negeri mengekspor barang produksi mereka ke Indonesia. 

Misalnya saja barang produksi seperti baju dan peralatan elektronik. Karena di Indonesia memiliki keterbatasan alat, sehingga masyarakat luar negeri memasarkan produk mereka ke Indonesia dengan cara mengekspor. 

3. Membantu Meningkatkan Devisa Negara

Setiap transaksi yang terjadi akan dikenai biaya pajak, cukai, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bisa menjadi sumber pendapatan negara dan meningkatkan devisa negara. 

4. Penghubung Pasar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, masyarakat luar negeri ada yang mengimpor ataupun mengekspor barang. Hal ini tentu bisa memperluas dan menghubungkan pasar yang lebih luas lagi. Sehingga nantinya akan tercipta lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi. 

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah paham kan terkait berikut ini yang tidak termasuk peran masyarakat luar negeri terhadap kegiatan ekonomi indonesia adalah apa? Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Post a Comment for "Berikut Ini yang Tidak Termasuk Peran Masyarakat Luar Negeri Terhadap Kegiatan Ekonomi Indonesia Adalah"