Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pembahasan Soal: Cara Mengevaluasi Teks Anekdot Biasanya Dilihat Dari Aspek?

cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek
cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, Jafarull akan membahas mengenai soal cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek apa? Soal ini biasanya sering keluar dalam ujian ataupun ulangan harian. 

Teks anekdot adalah teks yang singkat, memiliki makna, dan biasanya digunakan untuk menyindir seseorang. Teks ini diangkat dari kisah nyata atau kejadian nyata. 

Baca Juga: Tujuan Teks Anekdot

Jadi tak heran jika teks anekdot selalu memiliki makna atau pesan di dalamnya. Untuk mengevaluasi teks anekdot, tentunya harus ada aspek yang menjadi acuannya. Untuk lebih jelasnya, simak soal berikut. 

Soal: 

Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek? 

a. Makna tersurat 

b. Makna tersirat

c. Isinya 

d. Unsur kebahasaannya  

e. Struktur teksnya

Jawaban:

b. Makna tersirat

Pembahasan: 

Teks anekdot umumnya diangkat dari kisah nyata atau peristiwa nyata. Teks yang satu ini tidak hanya menjadi cerita lucu saja. Tetapi teks ini juga memiliki pesan yang hendak disampaikan kepada pembaca.

Baca Juga: Analisis Teks Anekdot Kuli dan Kiyai

Pesan atau makna yang disampaikan kepada pembaca bersifat tersirat. Artinya, pembaca harus membaca keseluruhan cerita secara detail agar dapat menangkap pesan apa yang ada dalam teks anekdot. 

Oleh karena itu  saat mengevaluasi teks anekdot, umumnya akan dinilai atau dilihat dari segi makna tersiratnya. Karena makna tersirat ini juga menjadi bagian penting dari teks anekdot. 

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Pejabat

Wajar saja, mengingat teks anekdot harus memiliki pesan atau makna yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat yakni b. Makna tersirat. 

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah tahu kan cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek apa? Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman kalian agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Jangan lupa terus belajar dan semangat meraih mimpi ok. 

Post a Comment for "Pembahasan Soal: Cara Mengevaluasi Teks Anekdot Biasanya Dilihat Dari Aspek?"