Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Cerita Lucu Atau Humor Berbeda Dengan Teks Anekdot Karena?

Cerita Lucu Atau Humor Berbeda Dengan Teks Anekdot Karena
Cerita Lucu Atau Humor Berbeda Dengan Teks Anekdot Karena

Jafarull.com - Tahulah kamu, cerita lucu atau humor berbeda dengan teks anekdot karena apa? Jangan khawatir karena jafarull akan membahasnya untuk kalian semua. 

Perlu diketahui, teks anekdot adalah teks yang bersifat lucu, memiliki cerita yang singkat, dan memiliki makna yang hendak disampaikan. 

Umumnya teks anekdot diangkat dari kisah nyata atau peristiwa nyata. Sehingga tak heran jika teks ini memiliki makna yang hendak disampaikan. 

Tujuan teks anekdot juga tidak serta-merta untuk hiburan, melainkan sebagai penyampaian pesan kepada pembaca. Karena sifatnya yang lucu, teks anekdot sering dikaitkan dengan cerita lucu. 

Cerita Lucu Atau Humor Berbeda Dengan Teks Anekdot Karena? 

Terkait teks anekdot dan cerita lucu memang tidak bisa dipisahkan. Namun bukan berarti keduanya sama. Karena kedua teks ini sangat berbeda. 

Cerita lucu atau humor berbeda dengan teks anekdot karena teks anekdot bisa bersifat menyindir. Sedangkan cerita lucu hanya bersifat lucu-lucuan saja. 

Baca Juga: Persamaan Teks Humor dan Teks Anekdot

Selain itu, teks anekdot biasanya menceritakan sesuatu yang penting. Misalnya seperti kejadian alam, tokoh publik, dan lain sebagainya. Sedangkan cerita lucu hanya untuk hiburan semata. 

Terakhir, teks anekdot memiliki maksud tertentu. Karena teks ini diangkat dari kisah nyata. Sedangkan cerita humor hanya menyampaikan kelucuan cerita dan tokoh-tokohnya saja. 

Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa perbedaan dari teks anekdot dan humor yang akan jafarull paparkan berikut ini. 

Perbedaan Teks Anekdot Dan Humor

Perlu diketahui, perbedaan berikut ini jafarull sampaikan berdasarkan literasi yang telah dibaca. Jika kamu memiliki perbedaan lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. 

1. Dari Segi Ide cerita 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cerita teks anekdot berasal dari kisah nyata dan realistis. Misalnya saja kejadian vaksinasi di Indonesia, kasus Covid di Indonesia, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Teks Anekdot di Lingkungan rumah

Sedangkan teks humor, ide ceritanya berasal dari imajinasi penulis. Isi cerita teks humor juga tidak nyata, sehingga teks ini hanya digunakan sebagai hiburan saja. 

2. Perbedaan Dari Segi Isi

Isi dalam teks anekdot lebih kompleks, karena bisa berisi tentang politik, sosial, agama, budaya, hingga permasalahan kehidupan sehari-hari. Isi dari teks anekdot juga lebih spesifik.

Sementara untuk teks humor, umumnya berisi tentang masalah umum yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Misalnya masalah keluarga, persahabatan, hingga hubungan masyarakat. 

3. Perbedaan dari Segi Tujuan atau Fungsi

Teka anekdot memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai hiburan, sebagai sarana kritik, sebagai sindiran, hingga sebagai sarana penyampaian pesan. 

Baca Juga: Teks Anekdot Tentang Belajar Online

Sementara cerita lucu atau humor, tujuannya hanya untuk hiburan dan candaan saja. Cerita lucu hanya berfungsi untuk menghibur pembaca.

4. Bentuk dan struktur

Dari segi bentuk dan strukturnya, teks anekdot memiliki struktur yang terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Sedangkan teks humor tidak memiliki struktur yang mengikat. Artinya cerita lucu atau humor tidak memiliki aturan terkait teks tersebut. 

Penutup

Jadi bagaimana sobat? Sekarang sudah lebih paham kan cerita lucu atau humor berbeda dengan teks anekdot karena apa? Semoga apa yang jafarull sampaikan ini dapat bermanfaat ya.

Post a Comment for "Cerita Lucu Atau Humor Berbeda Dengan Teks Anekdot Karena? "