Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pembahasan Soal: Kata Atau Merupakan Konjungsi?

kata atau merupakan konjungsi
kata atau merupakan konjungsi

Jafarull.com - Tahukah kamu, kata atau merupakan konjungsi apa? Jangan khawatir sobat, karena jafarull akan membahas soal tersebut secara lengkap untuk kalian semua. 

Materi tentang konjungsi biasanya dipelajari di kelas 11 SMA. Walaupun kelas 8 dan 9 SMP juga sudah mendapatkan materi ini, tetapi tidak terlalu detail. 

Bahkan materi ini kerap muncul di ujian sekolah ataupun ulangan harian. Oleh karena itu, kamu wajib mempelajari lenbih dalam tentang materi ini.

Soal:

Kata "atau" merupakan konjungsi?

A. kesimpulan

B. syarat

C. temporal

D. pilihan

E. tujuan

Jawaban: 

D. pilihan

Penjelasan: 

Konjungsi merupakan kata hubung yang menghubungkan kata atau kalusa dengan kata, klausa, dan kalimat. Bahasa mudahnya, konjungsi adalah kata untuk menghubungkan. 

Ada beberapa jenis konjungsi yang ada di dalam bahasa Indonesia, diantaranya yakni konjungsi pilihan, konjungsi syarat, konjungsi temporal, konjungsi tujuan hingga simpulan.

Konjungsi pilihan merupakan konjungsi yang menghubungkan dua kata yang berisi pilihan. Konjungsi jenis ini biasanya ditandai dengan kata atau.  

Contoh konjungsi pilihan yakni: Kamu mau pilih warna merah atau warna biru?

Konjungsi syarat merupakan konjungsi yang menghubungkan dua kata atau klausa atau kalimat yang memiliki makna bersyarat. Umumnya konjungsi jenis ini ditandai dengan kata jika, kalau, apabila.

Contoh konjungsi syarat:

Jika kamu ingin mintar, maka kamu harus belajar!

Kalau ingin memiliki rumah, kamu harus bekerja!

Apabila kamu ingin sukses, maka kamu harus rajib bekerja.

Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang menghubungkan dua kata atau kalimat yang memiliki keterkaitan dengan waktu. Konjungsi jenis ini biasanya ditandai dengan kata terakhir, sebelum, sekarang, setelah itu, mula-mula, dan kemudian.

Contoh konjungsi temporal 

Sebelum aku mengenalmu, akutelah mencari tahu siapadirimu

Sekarang kamu lebih cantik ketimbang yang dulu.

Konjungsi tujuan yakni konjungsi yang menghubungkan dua kata yang memiliki tujuan. Konjungsi jenis ini biasanya ditandai dengan kata agar.

Contoh konjungsi tujuan

Jangan lupa belajar, agar kamu bisa jadi juara

Konjungsi simpulan merupakan konjungsi yang digunakan untuk menyimpulkan suatu permasalahan. Konjungsi jenis ini ditandai dengan kata dengan demikian, jadi.

Contoh konjungsi simpulan

Demikianlah pembahasan kita kali ini.

Jadi itulah ulasan tentang artikel kita kali ini.

Penutup

Sudah tahu kan, kata atau merupakan konjungsi apa? Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman kalian ya.

Post a Comment for "Pembahasan Soal: Kata Atau Merupakan Konjungsi?"