Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pembahasan Soal: Penyusunan Teks Pidato Diawali dengan Menentukan

 

penyusunan teks pidato diawali dengan menentukan
penyusunan teks pidato diawali dengan menentukan
Jafarull.com - Tahukah kamu, penyusunan teks pidato diawali dengan menentukan apa? Mari kita bahas bersama-sama dalam artikel ini. Jafarull akan membahasnya secara lengkap untuk kalian semua.

Teks pidato merupakan teks yang berisi gagasan, buah pikir, dan informasi yang disampaikan kepada orang lain. Pidato biasanya dilakukan di hadapan banyak orang. Agar orang lain bisa mengambil hikmah atau manfaat dari apa yang disampaikan. 

Ketika kamu hendak menyusun teks pidato, maka yang perlu dilakukan adalah menentukan tema terlebih dahulu. Setelah itu, menentukan tujuan, kemudian menyusun kerangka, mengumpulkan informasi atau bahan untuk membuat teks pidato, dan menjabarkan informasi yang telah dikumpulkan. 

Penyusunan Teks Pidato Diawali dengan Menentukan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa untuk menyusun teks pidato yang baik, tahap pertama harus dilakukan yakni menentukan tema. Untuk lebih jelasnya simak tahapan-tahapan menyusun pidato berikut ini. 

1. Menentukan Tema

Tahapan pertama yakni menentukan tema yang akan diangkat dalam teks pidato. Misalnya saja kamu bisa mengambil tema tentang pendidikan keluarga, tempa pendidikan sekolah, dan lain sebagainya. 

2. Menyusun Kerangka

Secara umum kerangka teks pidato terdiri dari pendahuluan yang berisi ucapan salam, ucapan syukur. Kemudian ada bagian isi yang memuat tentang isi dari pidato yang disampaikan. Terakhir ada bagian penutup yang berisi tentang simpulan, saran, ajakan, dan terima kasih.

3. Mengumpulkan Informasi Sumber Teks Pidato 

Setelah menyusun kerangka, selanjutnya mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat teks pidato. Kamu bisa mencari informasi dari buku, artikel ilmiah, dan lain sebagainya. 

4. Menjabarkan Informasi yang Didapatkan

Apabila informasi telah terkumpul, maka selanjutnya kamu bisa menjabarkan informasi yang didapat. Kamu bisa mengembangkan lagi informasi tersebut agar mudah untuk di aplikasikan saat menyusunnya. 

5. Menuliskan atau Membuat Teks Pidato

Terakhir, kamu bisa langsung menuliskan teks pidato berdasarkan langkah-langkah yang telah dibuat. Kamu bisa menulis dari awal hingga akhir. 

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, penyusunan teks pidato diawali dengan menentukan apa? Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Post a Comment for "Pembahasan Soal: Penyusunan Teks Pidato Diawali dengan Menentukan"