Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Pembahasan Soal: Perbedaan Anekdot Dengan Cerpen Terletak Pada?

Perbedaan Anekdot Dengan Cerpen Terletak Pada
Perbedaan Anekdot Dengan Cerpen Terletak Pada

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini, jafarull akan membahas mengenai perbedaan anekdot dengan cerpen terletak pada? Jafarull akan ulas secara mendalam agar kalian lebih mudah memahaminya. 

Kita semua mungkin sudah tahu, bahwa teks anekdot adalah teks singkat yang berisi tentang kisah lucu. Biasanya teks anekdot dibuat untuk hiburan, kritik, dan menyindir tokoh tertentu. 

Teks anekdot juga memiliki pesan yang hendak disampaikan kepada pembaca. Oleh karena itu, banyak yang menganggap bahwa teks anekdot dengan cerpen itu sama saja. Padahal keduanya sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari simak pemaparan jafarull berikut ini. 

Perbedaan Anekdot Dengan Cerpen Terletak Pada

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teks anekdot dan cerpen sangat berbeda. Perbedaan tersebut bisa kamu simak pada ulasan berikut. 

1. Isi Cerita

Dari segi isi cerita, teks anekdot berisi humor, candaan, gurauan, hingga kritik dan sindiran. Teks anekdot selalu memiliki makna yang hendak disampaikan pada pembaca. Pada teks ini juga tidak ada yang mengangkat tema kesedihan. Karena memang tujuannya untuk hiburan. 

Sementara itu, teks cerpen berisi tentang permasalahan yang ada di kehidupan sekitar. Umumnya teks cerpen memiliki tema tentang sosial, budaya, agama, dan lainnya. Teks ini bisa disampaikan dalam bentuk kesedihan, ceria, ataupun kesenangan. 

2. Sumber Inspirasi Cerita 

Sumber inspirasi dari teks anekdot berasal dari kehidupan nyata. Teks anekdot dibuat untuk menyampaikan kritik, sehingga untuk membuatnya biasanya akan selalu berdasar pada kehidupan nyata. 

Sementara pada teks cerpen, umumnya sumber inspirasi berasal dari dunia nyata. Akan tetapi, cerpen juga bisa berasal dari imajinasi pengarang. Sehingga terkadang, tidak 100% dari peristiwa nyata. 

3. Struktur Teks

Dari segi struktur, keduanya tentu sangat berbeda. Pada teks anekdot memiliki lima struktur, yakni abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. 

Sementara untuk teks cerpen memiliki struktur abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. 

4. Panjang Teks

Seperti yang telah disinggung sebelumya, teks anekdot merupakan teks singkat. Oleh karena itu, panjang cerita teks anekdot bisa satu paragraf saja (menyesuaikan dengan konteks). 

Sementara teks cerpen umumnya memiliki cerita yang lebih panjang. Biasanya minimal panjang cerita anekdot yakni 1000 kata. 

Penutup

Bagaimana sobat, sekarang sudah lebih tahu kan perbedaan anekdot dengan cerpen terletak pada apa? Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok.

Post a Comment for "Pembahasan Soal: Perbedaan Anekdot Dengan Cerpen Terletak Pada?"