Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

5 Tools yang Digunakan untuk Keyword Research Paling Efektif

tools yang digunakan untuk keyword research
ilustrasi tools yang digunakan untuk keyword research

Jafarull.com - Riset keyword atau keyword research biasanya dilakukan sebelum membuat artikel. Untuk melakukan riset keyword, kamu harus memakai tools yang digunakan untuk keyword research. 

Karena dengan adanya tools untuk riset keyword, kita akan tahu persaingan dan volume dari keyword tersebut. Sehingga nantinya artikel yang kita buat bisa sesuai dengan target yang diinginkan. 

Misalnya, kamu membidik keyword "Cara membuat kopi janda". Keyword tersebut memiliki persaingan rendah dengan volume 500. Ketika kamu membuat artikel tersebut, maka kemungkinan artikel kamu bisa naik ke page one Google.

5 Tools yang Digunakan untuk Keyword Research

Perlu diketahui, jafarull hanya menyajikan tools riset keyword produk dari Google. Karena menurut Jafarull, beberapa tools ini jauh lebih akurat ketimbang tools gratis lain. 

Lantas, dalam melakukan riset kata kunci dibutuhkan tools apa saja? Mari simak penjelasan jafarull berikut ini. 

1. Google Trend

penggunaan Google Trend
ilustrasi penggunaan Google Trend 

Tools yang pertama yakni Google Trend. Sesuai namanya, tools ini akan memberikan kamu informasi mengenai topik-topik dan keyword yang sedang ramai di Google. 

Dengan memakai tools ini, kamu juga akan tahu cakupan wilayah yang mencari keyword tersebut. Contohnya, jafarull memakai keyword "Ramadhan 2022". Disitu kita bisa lihat keyword tersebut sedang banyak dicari oleh masyarakat. 

Oleh karena itu, kita bisa menggunakan keyword "Ramadhan 2022". Agar persaingannya tidak terlalu sulit, kita bisa kombinasikan dengan long tail keyword. Misalnya saja keyword tersebut diubah menjadi " Kapan Puasa Ramadhan 2022", "Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022", dan lain sebagainya. 

2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner
ilustrasi penggunaan Google Keyword Planner

Tools gratis dari Google yang berikutnya adalah google keyword planner. Tools ini cukup populer dan sering digunakan oleh para blogger. Dengan tools ini, kamu bisa mendapatkan keyword turunan beserta dengan persaingan dan volumenya. 

Untuk menggunakan tools Google Keyword Planner free juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka https://ads.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/. Kemudian login dengan akun Google milikmu.  

Selanjutnya kamu bisa pilih temukan kata kunci baru. Kemudian masukkan kata kunci yang hendak dibidik. Terakhir kamu bisa memilih kata kunci yang kiranya volume pencarian dan persaingannya sesuai dengan target artikel yang akan dibuat.

3. Keyword Everywhere

ilustrasi penggunaan keyword everyehere
ilustrasi penggunaan keyword everyehere

Tools ini merupakan sebuah ekstensi yang bisa dipasang di Google Chrome (perangkat Laptop atau PC). Dengan menggunakan tools ini, kita bisa mendapatkan keyword-keyword yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.  

Selain itu, kita juga bisa mengetahui keyword tersebut sedang dicari di Google atau tidak. Karena pada tools ini akan menampilkan grafik yang menunjukkan naik turunnya orang-orang mencari keyword tersebut dalam kurun waktu tujuh hari. 

Keyword tool gratis ini juga bisa menunjukkan tingkat persaingan dari keyword tersebut. Selain itu, penggunaannya juga sangat mudah. Karena kamu hanya memasangnya di Chrome Browser dan tools akan bekerja ketika kamu mengetikan kata kunci di Google search.

4. Keyword Surfer

ilustrasi penggunaan tools Keyword Surfer
ilustrasi penggunaan tools Keyword Surfer

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan tools Keyword Surfer. Tools ini merupakan ekstensi Chrome browser yang bisa kamu pasang secara gratis. Tools ini cukup efektif untuk melakukan riset keyword. 

Karena kamu bisa mendapatkan keyword yang berhubungan dengan keyword utama, kemudian dapat mengetahui volume keyword yang dibidik, CPC (Cost Per Click) dari keyword tersebut, hingga ramai tidaknya keyword tersebut dicari di Google.  

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu memasang tools ini di Chrome Browser PC atau Laptop milikmu. Kemudian silahkan cari keyword yang ingin dibidik. Dengan begitu, tools ini akan bekerja dan menampilkan keyword yang berhubungan di samping halaman pencarian. 

5. Google Search

Google Search
ilustrasi penggunaan Google Search

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan Google Search untuk melakukan riset keyword. Tools ini mungkin sudah tak asing lagi untuk kamu. Karena setiap hari kita selalu melakukan pencarian di Google. 

Cara mencari kata kunci di Google Search juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci yang dibidik di Google. Kemudian lihat saran kata kunci dari Google, kamu bisa gunakan keyword tersebut sebagai bahan artikel. Selain itu, kamu juga bisa gunakan keyword dari orang juga bertanya dan keyword dari penelusuran terkait

Penutup

Nah itulah beberapa tools yang digunakan untuk keyword research yang gratis dan berasal dari Google. Tools tersebut juga sangat mudah untuk digunakan. Kamu bisa memanfaatkan salah satu tools di atas dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan melakukan riset keyword yang tepat, maka artikel yang kamu buat bisa mendominasi di mesin pencari. Semoga informasi dari jafarull ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Post a Comment for "5 Tools yang Digunakan untuk Keyword Research Paling Efektif"