Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Bagaimana Ciri Bagian Tujuan pada Teks Prosedur? Begini Penjelasannya!

bagaimana ciri bagian tujuan pada teks prosedur
bagaimana ciri bagian tujuan pada teks prosedur

Jafarull.com - Bagaimana ciri bagian tujuan pada teks prosedur? Mari kita bahas bersama agar bisa mendapatkan jawaban yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa menambah ilmu tentang materi teks prosedur.  

Sebelumnya kamu harus tahu, teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah untuk membuat sesuatu. Langkah-langkah tersebut akan dijelaskan secara rinci dan detail. 

Sehingga pembaca bisa mengetahui dan mengikuti sendiri langkah-langkah yang telah dijelaskan. Umumnya, struktur teks prosedur meliputi tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, dan simpulan. 

Bagaimana Ciri Bagian Tujuan Pada Teks Prosedur

Umumnya bagian tujuan pada teks prosedur akan membuat tentang tujuan awal dari teks, kemudian, menyatakan sesuatu yang hendak dilakukan, dan lain sebagainya. 

Untuk lebih jelasnya tentang ciri bagian tujuan teks prosedur, berikut ini jafarull akan paparkan beberapa ciri-cirinya untuk kalian semua. 

1. Berisi Gambaran Singkat Tentang Apa yang Akan Dilakukan

Pada bagian tujuan biasanya akan digambarkan secara singkat tentang apa yang akan dilakukan. Misalnya saja teks prosedur cara membuat wedang jahe, maka pada bagian tujuan akan dijelaskan mengenai wedang jahe secara singkat. 

2. Menyebutkan Tujuan dari Teks Prosedur

Ciri yang kedua ini merupakan ciri yang sangat wajib ada pada bagian tujuan. Umumnya setelah dijelaskan secara singkat apa yang akan dilakukan, maka diakhiri dengan kalimat penutup yang berisi tujuan teks prosedur. 

Misalnya, ketika kita telah menjelaskan secara singkat tentang wedang jahe, maka bisa diakhiri dengan kalimat "membuat wedang jahe ternyata tidak terlalu sulit. Berikut ini cara membuat wedang jahe yang mudah dan praktis". 

3. Tidak Terlalu Panjang (Singkat Tapi Jelas)

Pada bagian tujuan biasanya hanya terdiri dari satu paragraf saja dan terdiri dari empat hingga lima kalimat. Meski begitu, kamu masih bisa membuatnya menjadi dua paragraf dengan tiga atau empat kalimat saja. 

4. Berada di Bagian Awal Teks Prosedur (Setelah Judul)

Namanya saja tujuan, berarti letaknya berada di bagian awal teks. Posisinya berada di awal untuk menjelaskan pada pembaca tentang langkah-langkah apa yang hendak dilakukan. 

Contoh Bagian Tujuan pada Teks Prosedur

Agar lebih memudah untuk memahami materi ini, berikut jafarull akan sajikan contoh bagian tujuan dari teks prosedur. Kamu bisa menyimaknya agar makin paham tentang materi ini. 

Tujuan Teks Prosedur Cara Membuat Wedang Jahe 1 Paragraf

Wedang jahe merupakan minuman herbal yang sangat bermanfaat. Wedang jahe lebih nikmat ketika dinikmati pada malam hari. Untuk membuat wedang jahe ternyata sangat mudah. Berikut ini cara membuat wedang jahe ala rumahan yang sangat nikmat.

Tujuan Teks Prosedur Cara Membuat Wedang Jahe 2 Paragraf

Wedang jahe biasanya dinikmati pada saat cuaca sedang mendung. Wajar saja, karena wedang jahe bisa membuat tujuh jadi hangat dan stamina seseorang puluh kembali. Minuman herbal ini juga cocok diminum oleh semua kalangan. 

Anak-anak, remaja, dewasa, hingga dewasa bisa menikmati wedang jahe ini. Jadi tak heran jika banyak yang memburu wedang jahe di tengah tebalnya kabut. Bagi kamu yang ingin membuat wedang jahe, berikut ini langkah-langkah cara membuat wedang jahe yang segar dan nikmat. 

Penutup

Bagaimana ciri bagian tujuan pada teks prosedur? Sudah terjawab dengan uraian yang jafarull sampaikan di atas kan? Kita jadi tahu beberapa ciri serta contoh dari bagian tujuan. Kamu bisa menyimak contoh tersebut agar makin paham materi teks prosedur. 

Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share artikel ini pada teman-teman kalian. Jangan lupa juga untuk terus belajar, agar kalian bisa cepat menggapai cita-cita. 

Post a Comment for "Bagaimana Ciri Bagian Tujuan pada Teks Prosedur? Begini Penjelasannya! "