Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Bagaimana Memahami Search Intent dari Sebuah Keyword?

Bagaimana Memahami Search Intent dari Sebuah Keyword
ilustrasi Bagaimana Memahami Search Intent dari Sebuah Keyword

Jafarull.com - Tahukah kamu, bagaimana memahami search intent dari sebuah keyword? Atau justru kamu belum tahu apa itu search intent? Jangan khawatir, karena Jafarull akan membahas materi ini untuk kamu.

Search intent adalah sebuah maksud dan tujuan dari sebuah keyword di dalam mesin pencari. Setiap keyword memiliki maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya saja pada keyword (1) "harga Hp Redmi note 10" dan keyword (2) "Cara screenshot hp Redmi note 10". 

Pada keyword nomor satu, memiliki maksud dan tujuan untuk mengetahui harga dari hp Redmi note 10. Pembaca ingin membeli hp tersebut, namun menginginkan informasi terkait harga hpnya terlebih dahulu. 

Pada keyword nomor dua, memiliki maksud dan tujuan untuk mencari tahu cara melakukan screenshot. Pembaca menginginkan informasi tutorial yang lengkap terkait proses screenshot.

Cara Memahami Search Intent dari Sebuah Keyword

Berdasarkan contoh diatas, bagaimana cara agar dapat memahami search intent dari sebuah keyword? Untuk memahami search intent, Jafarull telah merangkumnya sebagai berikut.

1. Pahami Keyword yang Dibidik

Jelaskan bagaimana cara riset keyword dengan baik? Nah untuk melakukan riset keyword, kamu harus memperhatikan search intent dari keyword tersebut. Misalnya kamu mencari keyword tutorial, maka search intent berupa informasional. 

Sementara jika kamu mencari keyword harga, bisa jadi search intent dari keyword tersebut adalah transactional. Sedangkan jika keyword yang kamu cari tentang review produk, maka search intent dari keyword tersebut tentang investigasi komersial. 

2. Lihat SERP atau Hasil Pencarian

Setelah kamu melakukan riset keyword, tahap selanjutnya yakni melihat hasil pencarian dari keyword tersebut. Apakah benar keyword tersebut berupa informasi, jual beli, atau investigasi komersial. 

Kamu bisa melihat konten-konten yang muncul di mesin pencari. Kemudian perhatikan, rata-rata konten yang muncul berupa informasi, jual beli, atau review. 

3. Simpulkan

Tahap terakhir yakni menyimpulkan. Setelah kamu menduga-duga tentang keyword tersebut, kemudian melihat hasil pencarian, maka kamu bisa tahu search intent keyword tersebut. 

Misalnya keyword yang kamu bidik yakni "Cara mematikan Redmi note 10 pro". Sekilas, keyword tersebut merupakan keyword yang berisi informasi tutorial. Setelah melihat hasil pencarian, ternyata rata-rata konten yang muncul berupa informasi tutorial. Oleh karena itu, kamu bisa membuat konten informatif seputar tutorial mematikan hp Redmi note 10 pro. 

Penutup

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana memahami search intent dari sebuah keyword? Jafarull juga telah menyajikan contohnya untuk kamu. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Post a Comment for "Bagaimana Memahami Search Intent dari Sebuah Keyword? "