Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Berikut ini yang Bukan Merupakan Syarat untuk Mengeluarkan Zakat Mal adalah?

Berikut ini yang bukan merupakan syarat untuk mengeluarkan zakat mal adalah
Berikut ini yang bukan merupakan syarat untuk mengeluarkan zakat mal adalah

Jafarull.com - Pernahkah kamu mendapat soal  Berikut ini yang bukan merupakan syarat untuk mengeluarkan zakat mal adalah? Mari kita bahas bersama-sama agar bisa menemukan jawaban yang tepat.

Zakat harta sering disebut juga dengan zakat mal merupakan kewajiban mengeluarkan harta bagi seseorang yang memiliki harta. Umumnya besaran zakat yang dikeluarkan yakni 2.5 persen dari total harta yang dimiliki. 

Seorang muslim wajib mengeluarkan sebagian harta mereka untuk dizakatkan. Karena zakat juga bisa menjadi pembersih harta yang dimiliki. Karena apa yang kita miliki ini bukan hanya milik sendiri. Melainkan ada campur tangan orang lain. 

Berikut ini yang bukan merupakan syarat untuk mengeluarkan zakat mal adalah beragama non muslim, amil, amir, amin, dan lain sebagainya. Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita wajib tahu syarat dari zakat mal. 

Ketika kita tahu syarat mengeluarkan zakat mal, maka yang tidak termasuk syarat tersebut berarti bisa kamu pilih menjadi jawaban yang lebih tepat dan benar. 

Apa Syarat Mengeluarkan Zakat Mal?

Mengutip dari berbagai sumber, jafarull telah merangkum beberapa syarat dari zakat mal, diantaranya yakni sebagai berikut. 

1. Beragama Islam

Syarat yang pertma yakni beragama Islam. Jadi orang yang beragama non islam tidak berkewajiban untuk membayar zakat mal, meskipun orang tersebut tinggal diantara umat islam. 

Perintah Zakat mal juga diatur dalam Al-Quran. Oleh karena itu, setiap muslim wajib mengeluarkan zakat mal ketika telah memenuhi syarat yang ada. 

2. Baligh atau Berakal

Baligh merupakan kondisi seseorang yang telah menginjak dewasa. Sedangkan berakal merupakan orang yang telah mampu menggunakan akalnya untuk membedakan hal baik dan hal buruk. 

Baligh dan dewasa menjadi syarat yang sangat wajib. Karena tanpa memiliki akal yang sehat, maka tidak diwajibkan untuk mengeluarkan zakat mal. 

Misalnya saja Orang yang terkena gangguan jiwa. Meskipun memiliki harta tetapi ia tidak wajib untuk mengeluarkan zakat mal. 

3. Milik Pribadi (Sepenuhnya Milik Sendiri)

Harta yang hendak dizakati merupakan milik pribadi dan tidak ada campur tangan orang lain. Misalnya saja seseorang yang memiliki peternakan kambing. Ketika peternakan tersebut murni milik sendiri, maka ia wajib mengeluarkan zakat mal. 

Tetapi ketika peternakan tersebut dimiliki oleh beberapa orang, maka tidak belum diwajibkan membayar zakat. Akan tetapi tetap berkewajiban untuk sedekah dan menginfakkan harta di jalan Allah. 

4. Mencapai Nisab

Nisab merupakan perhitungan tentang batasan seseorang memiliki harta untuk melakukan zakat mal. Nisab sering disebut juga dengan batas untuk mengeluarkan zakat mal. 

Jadi ketika harta yang telah dimiliki telah mencapai nisab, maka orang tersebut wajib mengeluarkan zakat mal. 

5. Lebih dari Satu Tahun (Mencapai Haul)

Syarat yang terakhir yakni harta yang dimiliki telah genap satu tahun. Artinya, jika harta tersebut dimiliki selama tujuh bulan, maka belum berkewajiban untuk mengeluarkan zakat mal. 

Penutup

Sudah tahu kan, berikut ini yang bukan merupakan syarat untuk mengeluarkan zakat mal adalah apa? Kita juga jadi lebih tahu mengenai syarat zakat mal. 

Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

Post a Comment for "Berikut ini yang Bukan Merupakan Syarat untuk Mengeluarkan Zakat Mal adalah?"