Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Hal-Hal Berikut ini Termasuk Syarat Wajib Zakat Fitrah Kecuali?

hal hal berikut ini termasuk syarat wajib zakat fitrah kecuali
hal hal berikut ini termasuk syarat wajib zakat fitrah kecuali

Jafarull.com - Tahukah kamu, hal-hal berikut ini termasuk syarat wajib zakat fitrah kecuali? Yuk kita bahas soal ini bersama-sama agar mendapatkan jawaban yang tepat. Soal ini memang sering ditanyakan saat ulangan.

Bahkan terkadang soal tersebut selalu muncul dalam ujian sekolah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menyimak informasi yang akan jafarull sampikan ini. 

Zakat fitrah termasuk ibadah yang hukumnya wajib bagi setiap orang yang beragama Islam. Karena zakat ini bisa mensucikan diri dan harta. Selain itu, zakat Fitrah juga bisa membantu saudara kita yang tengah kesulitan.

Soal: 

Hal-Hal Berikut ini Termasuk Syarat Wajib Zakat Fitrah Kecuali?

a. beragama Islam

b. Musyafir

c. Berada di bulan ramadhan

d. memiliki kecukupn harta

Jawaban: 

b. Musyafir

Pembahasan:

Musyafir merupakan orang yang bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Seorang musyafir tidak berkewajiban membayar zakat. 

Namun musyafir yang dimaksud di sini adalah orang yang jalan kaki dari kota A ke kota B dan ia tidak memiliki uang. Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa syarat wajib untuk melakukan zakat fitrah.

3 Syarat Zakat Fitrah

Ada tiga syarat wajib dari zakat fitrah yang harus diperhatikan. Syarat ini tidak boleh diganggu gugat karena sudah menjadi ketetapan Allah dan RasullNya. 

1. Beragama Islam

Orang yang melaksanakan zakat fitrah hanyalah orang Islam. Oleh karena itu orang yang beragama non islam tidak berkewajiban untuk mengeluarkan zakat fitrah. 

2. Berada di Waktu Ramadhan

Waktu yang utama untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah saat bulan Ramadhan. Zakat fitrah dikeluarkan di bulan Ramadhan menjelang hari raya idul fitri. Karena zakat fitrah menjadi pembersih diri dan harta yang dimiliki. 

Selain itu, zakat fitrah juga sebagai pelengkap atas puasa ramadhan yang telah dilakukan. Tidak diperkenankan melakukan zakat fitrah di bulan lain (misal bulan Rajab atau Muharrom).

3 Memiliki Kelebihan Harta 

Orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah adalah orang yang mampu. Ukuran mampu ini yakni dirinya mampu mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Oleh karena itu ia wajib membayar zakat fitrah.

Penutup

Jadi sekarang sudah tahu kan hal-hal berikut ini termasuk syarat wajib zakat fitrah kecuali apa saja? Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. 

Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman-teman kalian ok. Jangan lupa juga untuk terus belajar agar dapat meraih cita-cita. 

Post a Comment for "Hal-Hal Berikut ini Termasuk Syarat Wajib Zakat Fitrah Kecuali?"