Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Hari Tasyrik Jatuh pada Tanggal? Berikut Amalan dan Larangan yang Harus Diperhatikan

hari tasyrik jatuh pada tanggal
hari tasyrik jatuh pada tanggal

Jafarull.com - Tahukah kamu, hari tasyrik jatuh pada tanggal berapa? Apa saja keutamaan hari tasyik dan amalan apa saja yang perlu dilakukan? Mari kita bahas bersama dalam artikel yang jafarull sajikan berikut ini. 

Hari Tasyrik merupakan hari istimewa yang jatuh setelah perayaan idul adha. Hari tersebut bertepatan dengan tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah (tiga hari setelah Idul Adha). 

Pada hari itu juga, umat Islam yang sedang menjalankan ibadah haji tengah berada di Mina untuk melempar Jumrah. Sementara umat Islam yang tidak berhaji, biasanya akan menjalankan ibadah kurban (10 Dulhijah) dan memasak makanan untuk makan-makan (selama tigahari).

Hari Tasyrik adalah hari dibolehkannya untuk makan-makan, kumpul dengan keluarga, tetangga, dan berdoa bersama. Hari tersebut menjadi hari yang penuh berkah bagi umat Islam. 

Hari Tasyrik Jatuh pada Tanggal? 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, di tahun 2022 ini, hari Tasyrik sesuai kalender nasional jatuh pada tanggal berapa? Merujuk pada kalender Nasional, hari raya Iduh Adha jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. 

Berarti untuk hari Tasyrik akan jatuh pada tanggal 10, 11, dan 12 Juli 2022. Sekali lagi, ini hanya berdasarkan perhitungan menurut kalender nasional. Karena penetapan awal Ramadhan bisa saja berbeda.

Tetapi yang jelas, Pada hari tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan sholeh serta berdoa kepada Allah agar mendapatkan keberkahan. Meski dianjurkan untuk beribadah, tetapi kita ttidak boleh puasa di hari tersebut.

Lantas, apa hukum puasa pada hari tasyrik? Untuk mengetahui hukum dari puasa di hari tersebut, mari simak Hadits Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut.

لَا تَصُومُوا هَذِهِ الْأَيَّامَ، فَإِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ، وَذِكْرِ اللَّهِ، عز وجل

Artinya: "Janganlah kalian puasa pada hari-hari ini (hari tasyrik) karena hari-hai itu merupakan hari-hari untuk makan, minum, dan dzikir kepada Allah Azza wa Jalla," (HR. Ahmad)

Jadi, Rasul telah melarang umatnya untuk berpuasa di hari tersebut. Karena hari tersebut merupakan hari penuh berkah untuk makan-makan dan berdoa. 

Selain itu, pada hari tersebut kita juga bisa berkumpul bersama keluarga dan menjalin silaturhmi dengan tetangga. 

Amalan-amalan pada Hari Tasyrik

Ada beberapa amalan yang mungkin bisa kamu lakukan saat Hari Tasyrik. Beberapa amalan ini telah jafarull rangkum sebagai berikut. 

1. Memperbanyak Dzikir

Amalan pertama yakni memperbanyak Dzikir. Kamu bisa berdzikir setelah melakukan sholat lima waktu atapun sholat sunnah. 

Bacaan Dzikir yang bisa kamu amalkan diantaranya, bacaan tahlil, tahmid, hingga takbir. Selain itu, kamu juga bisa membaca Istighfar agar bisa lebih mawas diri dan dberi ketenangan.

2. Memperbanyak Bacaan Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang perlu dilakukan umat Islam setiap harinya. Pada hari Tasyrik, kamu juga bisa meningkatkan bacaan Al-Quran agar bisa lebih mendapatkan pahala yang berlimpah.

3. Memperbanyak Doa

Berdoa memang menjadi amalan yang selalu kita lakukan. Kamu juga bisa memperbanyak doa pada hari Tasyrik agar hajar yang diinginkan bisa cepat tercapai. 

4. Memperbanyak Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang mampu menangkal bahaya. Apalagi jika kamu bersedekah di hari Tasyrik yang merupakan hari baik, tentunya kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah serta terhindar dari mara bahaya.

5. Melakukan Amal Sholeh

Terakhir, amlan yang bisa dijalankan ketika hari Tasyrik adalah melakukan mala sholeh. Amalholeh merupakan amalan yang baik. Kamu bisa beramal sesuai dengan kemampuanmu seendiri.

Misalnya saja, kamu menolong teman yang sedang kesusahan, membantu membawakan barang orang lain yang sedang kesulitan, hingga melakukan kerja bakti. 

Penutup

Nah itulah artikel yang bisa jafarull sajikan.Sudah tahu kan hari tasyrik jatuh pada tanggal berapa dan  Amalan apa saja yang perlu ditingkatkan? 

Semoga informasi yang jafarull sampaikan inidapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk shar ke teman-teman kalian apabila artikel ini bermanfaat ok. 

Post a Comment for "Hari Tasyrik Jatuh pada Tanggal? Berikut Amalan dan Larangan yang Harus Diperhatikan "