Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Custom CSS

Jelaskan Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal?

jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal
jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal

Jafarull.com - Pernahkah kamu diperintahkan untuk jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal? Begini jawaban paling tepat yang bisa kamu gunakan untuk menjawabnya. Jafarull akan membahas persoalan ini secara detail agar kalian bisa memahaminya. 

Di dalam agama Islam memang terdapat dua zakat yang berbeda, yakni zakat Fitrah dan zakat mal. Tata caranya sebenarnya hampir sama, hanya saja ada beberapa perbedaan yang terlihat jelas.

Perbedaan keduanya bisa kita cermati untuk mendapatkan informasi terkait zakat mal dan zakat fitrah. Dengan demikian kita bisa tahu tata cara pelaksanaan dan cara membedakannya. 

5 Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok dari zakat fitrah dan zakat mal. Beberapa perbedaan tersebut telah jafarull rangkum sebagai berikut. 

1. Tujuan

Dari segi tujuan, keduanya memiliki perbedaan. Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan jiwa karena telah melakukan puasa ramadhan selama tiga puluh hari penuh. Fitrah memiliki arti kemurnian atau kesucian, jadi orang yang zakat fitrah diibaratkan suci kembali dan tidak ada dosa.

Sementara zakat mal memiliki tujuan untuk mencusikan harta benda yang dimiliki. Karena setiap harta yang kita peroleh ada campur tangan dari orang lain. Sehingga perlu untuk disucikan dengan mengeluarkan zakat mal. 

2. Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan zakat fitrah yakni ketika bulan Ramadhan. Umumnya masyarakat Indonesia akan melakukan zakat fitrah pada hari terakhir puasa Ramadhan atau menjelang hari Raya Idul Fitri. 

Sedangkan waktu pelaksanaan zakat mal yakni apabila harta yang dimiliki telah mencapai haul (lebih dari satu tahun). Selain itu harta yang dimiliki juga telah mencapai nisab atau hitungan kewajiban untuk membayar zakat.

3. Jumlah yang Dikeluarkan

Jumlah yang harus dikeluarkan untuk zakat fitrah yakni 2,5 kilogram beras, gandum, bahan makanan pokok, atau uang yang nilainya setara dengan bahan makanan pokok tersebut. 

Sedangkan jumlah yang harus dikeluarkan untuk zakat mal yakni 2.5% dari harta ang dimiliki. Untuk membayarnya bisa menggunakan uang atau benda yang dimiliki. 

Misalnya kamu memiliki emas seberat satu ton. Maka kamu berkewajiban mengeluarkan harta sebanyak 2.5% dari emas yang kamu miliki. 

4. Kewajiban Berzakat

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh semua orang yang beragama Islam baik itu laki-laki, perempuan, anak kecil, orang dewasa, bahan mereka yang sudah tua. 

Sedangkan zakat mal hanya diwajibkan bagi mereka yang beragama Islam dan memiliki harta yang telah mencapai nisab. 

5. Persyaratan

Syarat wajib zakat fitrah adalah beragama Islam, mampu berzakat (masih bisa mencukupi kebutuhan kakan sehari-hari), dan dilaksanakan saat bulan Ramadhan. 

Syarat wajib zakat mal adalah beragama Islam, memiliki harta selama lebih dari satu tahun, harta yang dimiliki berkembang atau bertambah, tidak terlilit hutang, sudah mencapai nisab, dan mampu mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari. 

Penutup

Sekarang sudah tahu kan jawaban untuk jelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal? Ternyata kedua zakat ini memiliki perbedaan yang sangat kontras. 

Semoga informasi yang jafarull bagikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar mereka jadi tahu apa yang kamu ketahui. 

Post a Comment for "Jelaskan Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal?"